OLEH: Indra Efendi Rangkuti (Pemerhati Olahraga Sumut)

Prediksi Indonesia VS Uzbekistan: Waspada Serangan Balik

Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Uzbekistan pada Babak 16 Besar Asian Games 2022. Dijadwalkan duel Timnas Indonesia vs Uzbekistan akan digelar di Stadion Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, China, Kamis (28/9/2023) pukul 15.30 WIB.

Tercatat Indonesia dan Uzbekistan sudah pernah bertemu sebanyak 4 kali dalam segala kategori umur. Dalam 4 kali pertemuan itu Timnas Indoensia belum sekali pun meraih kemenangan. Pertemuan pertama Indonesia dan Uzbekistan terjadi pada 1 Juni 1997 Grup 5 putaran pertama Pra Piala Dunia 1998 Zona Asia. Ketika itu Indonesia dan Uzbekistan harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.

Kemudian, kedua negara kemudian kembali berhadapan pada 20 Juni 1997 masih dalam lanjutan Grup 5 putaran pertama Pra Piala Dunia 1998 Zona Asia. Hasilnya Timnas Indonesia yang waktu itu diperkuat Hendro Kartiko,Bima Sakti,Aji Santoso,Widodo C.Putra,Rochy Putiray dll harus takluk atas Uzbekistan dengan skor 0-3.

Lalu, pada 3 Mei 2018 Timnas U23 Indonesia bertanding dengan Timnas Uzbekistan pada laga persahabatan. Hasilnya kedua tim bermain imbang 0-0. Terakhir pada Piala Asia U20 tanggal 7 Maret 2023 lalu Timnas Indonesia yang waktu dilatih Shin Tae Yong berhadapan dengan Uzbekistan pada laga akhir Grup A Piala Asia U20. Hasilnya kedua tim kembali bermain imbang 0-0.

Beberapa pemain yang memperkuat Timnas U20 ketika berhadapan dengan Uzbekistan pada laga terakhir 7 Maret 2023 lalu yaitu Hugo Samir, Robi Darwis, Dony Tri Pamungkas dan kiper Daffa Fasya juga tampil membela Timnas Indonesia di Asian Games 2022 ini. Demikian juga dengan beberapa pemain dari Uzbekistan. Tentu kedua tim sedikit banyak sudah saling mengetahui kekuatan dan kelemahan masing – masing tim.

Jika melihat dari head to head kedua tim,jelas Uzbekistan lebih diunggulkan atas Indonesia.Apalagi Uzbekistan lolos ke 16 Besar dengan status Juara Grup C dengan menyapu bersih 2 laga melawan Hongkong. Sedangkan Indonesia lolos ke 16 Besar dengan status salah satu peringkat 3 terbaik. Pada laga pertama Grup F Timnas Indonesia menang 2-0 atas Kirgistan namun di laga kedua Timnas justru kalah melawan taiwan 0-1 dan pada laga terakhir penyisihan grup takluk 0-1 atas Korea Utara.

Uzbekistan termasuk salah satu kekuatan sepak bola di Asia. Cara bermain mereka menyerupai tim-tim Eropa yang mengandalkan fisik dan stamina yang kuat serta umpan-umpan satu dua sentuhan yang sangat akurat.

Selanjutnya 1 2 3