Pemerintah Kucurkan Hampir Rp400 Miliar Demi Sukseskan Piala Dunia U-17 2023

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan telah mengalokasikan dana sebesar Rp399,5 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang akan diadakan di Tanah Air mulai tanggal 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Dana tersebut akan disalurkan melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Selain untuk biaya penyelenggaraan turnamen, dana tersebut juga akan digunakan untuk membiayai persiapan Timnas Indonesia U-17 yang akan melakukan pemusatan latihan (training camp atau TC) di Jerman mulai tanggal 17 September 2023.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, dana tersebut telah digelontorkan oleh Kementerian Keuangan sesuai dengan aturan dan akan digunakan untuk keperluan Piala Dunia U-17.

"Menurut aturan, (dana) itu bisa digunakan untuk keperluan (Piala Dunia) U-17. (Dana) itu digelontorkan oleh Kementerian Keuangan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) RI Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa kemarin.

Penandatanganan kesepakatan antara Kemenpora dan PSSI menandai komitmen pemerintah dalam mendukung kesuksesan turnamen ini. "Tanda tangan kesepakatan Kemenpora dengan PSSI menandakan kehadiran pemerintah dalam mendukung suksesnya Piala Dunia U-17 dan persiapan Timnas U-17 dalam hal TC. Hari ini sudah ditandatangani sebesar Rp399,5 miliar," tambahnya.

Dito Ariotedjo juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana tersebut. Dia mengatakan bahwa pengawasan akan dilakukan dengan ketat untuk memastikan bahwa uang tersebut digunakan dengan sebaik mungkin.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi dukungan dari pemerintah dan menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan induk-induk cabang olahraga dalam mendukung prestasi Timnas Indonesia U-17.

Erick juga menegaskan komitmen PSSI untuk mempertanggungjawabkan penggunaan dana sebesar Rp399,5 miliar tersebut dan menyatakan keterlibatan lembaga berwenang seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pengawasan.

Kesepakatan ini merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa Piala Dunia U-17 2023 berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi prestasi olahraga Indonesia. (blh/nt)

Penulis:

Baca Juga