Cabor Baru Padel Diperkenalkan di PON XXI/ 2024 Sumut-Aceh

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, secara tegas menyatakan dukungannya untuk memperkenalkan cabang olahraga baru, Padel, dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang akan diselenggarakan di Sumut-Aceh.

"Menurut saya, jika padel akan diperkenalkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, itu sangat berpotensi karena padel itu seperti menggabungkan elemen-elemen dari badminton, tenis, dan squash," kata Menpora Dito setelah melakukan pertandingan ekshibisi padel di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (17/9/2023).

Katanya, Cabor Padel sangat sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang sudah akrab dengan cabang olahraga tenis dan badminton. Hal ini karena Padel memiliki banyak kesamaan dengan beberapa cabang olahraga tersebut.

"Sebenarnya, cabang olahraga padel ini sangat cocok untuk Indonesia karena masyarakat kita sudah akrab dengan badminton dan tenis, sehingga permainannya sudah bisa dianggap sebagai bagian dari karakter masyarakat Indonesia," ungkap Menpora Dito.

"Padel juga dapat dianggap sebagai versi mini dari tenis atau seperti futsal untuk tenis. Lapangan padel juga lebih kecil dibandingkan lapangan tenis, yang membuat permainan menjadi lebih intens, mengesankan, dan seru," tambahnya.

Meski pun ini adalah pengalamannya pertama bermain padel, Menpora mengungkapkan bahwa ia telah mengetahui tentang olahraga ini sebelumnya, terutama saat berada di Bali.

"Meskipun ini adalah pertama kalinya saya mencoba olahraga padel, saya sudah lama mengetahui tentangnya, terutama ketika berada di Bali," katanya.

Padel adalah olahraga raket yang menggabungkan elemen dari tenis dan squash. Olahraga ini berasal dari Meksiko dan dimainkan di atas lapangan persegi panjang dengan ukuran 10x20 meter, sekitar 25 persen lebih kecil dari lapangan tenis.

Di Indonesia, para penggemar Padel Tenis telah membentuk organisasi bernama Pengurus Besar Padel Indonesia (PBPI), yang berada di bawah KONI Pusat. PBPI telah diakui sebagai organisasi sah oleh KONI, dan mereka berharap dapat memperkenalkan padel kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui PON 2024 Aceh-Sumut.

"Padel telah dijadikan cabang ekshibisi di Olimpiade Paris dan beberapa negara lainnya. Di Indonesia, kita ingin menghadirkan padel sebagai cabang ekshibisi di PON Aceh-Sumut. Ketika telah menjadi ekshibisi di PON, minat terhadap olahraga ini pasti akan meningkat," ujar Ketua PBPI, Galih Kartasasmita. (blh/nt)

Penulis:

Baca Juga