Sinyal Menpora Gelar Piala Dunia U-17 di 4 Kota

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengindikasikan bahwa Piala Dunia U-17 2023 akan digelar hanya di empat kota. Hal ini terlihat dari inspeksi yang dilakukan oleh FIFA pada tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus. Delegasi FIFA hanya mengunjungi empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Pada 29 Juli, FIFA melakukan inspeksi di Jakarta International Stadium (JIS) sebagai stadion pertama yang disambangi. Di hari yang sama, mereka juga memeriksa Lapangan ABC, Stadion Madya Gelora Bung Karno, dan Stadion Soemantri Brodjonegoro, yang disiapkan sebagai venue pendamping.

Kemudian, pada tanggal 30 Juli, FIFA melakukan inspeksi di beberapa stadion dan lapangan di kawasan Bandung Raya, termasuk Lapangan ITB (Sabuga), Lapangan Sidolig, Lapangan Batununggal.

Lapangan IPDN, Lapangan Unpad, Stadion Arcamanik, dan Stadion Si Jalak Harupat. Enam lapangan tersebut akan digunakan sebagai tempat latihan, sedangkan Stadion Si Jalak Harupat akan menjadi venue utama.

Inspeksi berlanjut ke Surabaya pada tanggal 31 Juli dan Solo pada tanggal 1 Agustus, sebelum FIFA meninggalkan Tanah Air pada tanggal 2 Agustus.

Menpora Dito menyatakan bahwa hasil kunjungan FIFA akan dilaporkan setelah inspeksi selesai, dan akan mencakup ulasan mengenai hal-hal apa saja yang perlu disempurnakan di setiap stadion.

Meski pun PSSI awalnya mengajukan delapan stadion sebagai venue untuk Piala Dunia U-17, namun nampaknya FIFA memilih hanya menggunakan empat kota di Pulau Jawa karena pertimbangan logistik dan transportasi yang lebih memudahkan.

Dari delapan stadion yang diajukan, enam di antaranya awalnya disiapkan untuk ajang Piala Dunia U-20, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang).

Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Sedangkan dua stadion tambahan adalah Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Pakansari (Bogor). (blh/nt)

Penulis:

Baca Juga