LIVE RCTI KAMIS DINI HARI PUKUL 01.45 WIB

Prediksi Semifinal UNL, Belanda VS Kroasia: Skill Kontra Emosi….

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Secara rekor head to head (H2H) Belanda dan Kroasia baru mencakup 1 pertemuan kedua tim nasional di Piala Dunia 1998. Dalam laga tersebut, Vatreni berhasil menang 2-1 atas De Oranje. Meski pun begitu, semifinal UNL 2023 bakal berbeda karena komposisi tim sudah banyak berubah.

Ya, laga semifinal UEFA Nations League (UNL) 2022/2023 antara Belanda dan Kroasia digelar di De Kuip, Rotterdam, Kamis (15/6/2023) pukul 01.45 WIB. Memiliki performa impresif selama fase grup UNL 2023, sekaligus akan bermain di negara sendiri membuat skuad Belanda lebih diunggulkan. Namun, Kroasia pun berpeluang untuk membalikkan keadaan. Apalagi pada laga ini sejumlah pemain Kroasia penuh dengan kematangan dan skill, meski merupakan pasukan tua.

Kedua negara pernah bertemu di Piala Dunia beberapa tahun silam, dengan kemenangan menjadi milik Kroasia. Ditambah prestasi teranyar Kroasia yang meraih gelar peringkat 3 di Piala Dunia 2022, tim berjuluk Vatreni itu layak untuk diperhitungkan. Belanda lolos ke semifinal UNL 2023 dengan hasil meyakinkan di penyisihan grup.

Dari 6 laga yang dijalani De Oranje di fase grup, mereka sukses meraih 5 kemenangan, 1 kali imbang, dan tidak pernah kalah. Performa Belanda saat fase grup itu mengindikasikan De Oranje berpeluang melanjutkan tren positif di semifinal UNL 2023. Apalagi, partai final juga bakal berlangsung di Belanda, yakni di Feyenoord Stadium dan De Grolsch Veste.

Namun, Timnas Belanda tidak dapat tampil dengan skuad terbaik saat melawan Kroasia di semifinal UNL 2023. Dikutip dari AD Nederland, dua pemain andalan Belanda mundur dari pemusatan latihan setelah mengalami cedera. Keduanya adalah bek Bayern Munchen, Mathijs de Ligt, dan penyerang Atletico Madrid Memphis Depay.
Tanpa Mathijs de Ligt dan Memphis Depay, komposisi skuad Belanda diprediksi mengalami penurunan kualitas. Meski begitu, Belanda tetap diunggulkan dapat mengalahkan Kroasia karena bermain di kandang.

Sementara itu, Kroasia lolos ke semifinal setelah menjadi juara Grup A1 Liga A UNL 2023. Luka Modric dan kawan-kawan sukses memastikan 1 tempat di babak semifinal pada laga terakhir saat mengalahkan Austria 1-3 sementara di laga lain Prancis kalah dari Denmark 2-0. Dari segi kualitas tim, kapasitas Kroasia agak diragukan karena skuadnya masih diperkuat oleh sejumlah bintang yang tidak muda lagi.

Seperti Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, hingga Ivan Perisic. Hal ini tidak terlepas dari belum adanya pemain muda yang menjanjikan di posisi gelandang dan lini depan Kroasia. Meskipun demikian, pelatih Kroasia Zlatko Dalic optimistis timnya masih mampu bermain kompetitif meski memiliki skuad yang cukup tua.

Oleh karena tidak bisa bermain agresif selama 90 menit, Kroasia bakal lebih mengandalkan pengalaman para pemainnya. "Daftar pemain [di UNL 2023] menegaskan, kami masih percaya dengan pemain-pemain ini. Dengan sedikit perubahan, mayoritas dari mereka ialah skuad yang meraih peringkat ke-3 di Piala Dunia 2022," kata Zlatko Dalic, saat merilis skuad UNL 2023 Kroasia, seperti dilansir laman Federasi Sepakbola Kroasia.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga