Pemain Vietnam Dilarang Berkarir di Liga 1 Indonesia, Mengapa?

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Pengamat sepak bola Vietnam Vu Manh Hai mengatakan level Liga 1 masih di bawah. Ia pun menyarankan para pemain Vietnam untuk berkarier di Liga Thailand. PSSI mengubah aturan untuk kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Salah satunya soal aturan tersebut adalah setiap tim berisikan empat pemain asing non Asia dan satu pemain ASEAN. Hal tersebut membuat tim-tim di Liga 1 mulai bergerak untuk mendatangkan pemain-pemain Asia Tenggara berkualitas.

Nguyen Quang Hai dan Doan Van Dao yang dirumorkan bakal bergabung bergabung dengan salah satu klub Liga 1 2023/2024. Sementara Vu Manh Hai melarang para pemain Vietnam untuk berkarier di Liga 1 karena levelnya masih di bawah V League (Liga Vietnam).

Namun, ia mempersilakan para pemain Vietnam untuk berlaga di Indonesia jika mendapatkan bayaran besar. "Menurut saya, level liga Indonesia mungkin masih kalah dengan V League, jadi kalau pemain Vietnam datang ke sini, hanya untuk mengubah lingkungan," ujarnya dilansir dari Soha, Selasa (6/6/2023).

"Tentu saja, pergi ke sana untuk mengubah lingkungan juga menarik. Kalau Pihak Indonesia membuat proposal dengan aspek finansial yang baik, mengapa pemain Vietnam tidak pergi," jelasnya.

Lebih lanjut, Vu Manh Hai menyarankan para pemain Vietnam untuk hijrah ke Liga Thailand karena memiliki level lebih tinggi. Ia mengatakan usai tampil di Liga Thailand selama dua musim, para pemain Vietnam untuk bermain di Jepang dan Korea Selatan. "Di Asia Tenggara, jika pemain Vietnam berniat untuk pergi ke luar negeri, Thailand adalah tujuan yang bagus. Bagaimanapun, sepak bola profesional Thailand lebih baik dari kita, levelnya lebih tinggi dari V.League," terangnya.

"Di Liga Thailand, pemain Vietnam bisa bermain untuk 1 atau 2 tahun. Jika mereka masih dalam masa prima, mereka akan pergi ke Jepang dan Korea," imbuhnya. (snd/nt)