FOBI Sumut Bidik 6 Medali di PON 2024

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumatera Utara (Sumut) mengusung target 6 medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut ini. Ke enam medali tersebut, 3 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Ketua FOBI Sumut, Peter Suhendra didampingi Sekretaris, Bobby C Halim dalam keterangannya di Posko Publikasi PON XXI/2024 Kantor Dispora Sumut, Jalan William Iskandar Medan, Senin (5/6/2023) siang mengatakan, target 6 medali ini yakin mereka rebut dari 10 nomor lomba yang dipertandingkan nanti.

Diketahui 10 nomor lomba cabang olahraga Barongsai masing-masing, Naga Taolu Bebas, Naga Kecepatan, Naga Halang Rintang, Barongsai Taolu Bebas, Barongsai Taolu Tradisional, Barongsai Kecepatan, Barongsai Halang Rintang, Barongsai Ketangkasan Zuo Tou, Pekingsai Taolu Bebas, dan Pekingsai Kecepatan.

"Walau pun perdana dipertandingkan di arena PON namun sebagai tuan rumah kita yakin dengan target 6 medali ini," ujar Peter optimis.

Apalagi berkaca dengan prestasi yang diraih atlet Sumut pada Kejurnas Barongsai di Yogyakarta pada akhir 2022 lalu. Di sana, tim Barongsai Sumut meraih medali di nomor Pekingsai yakni 1 perunggu taolo bebas, 1 perunggu kecepatan dan di tradisional 1 perak dan 1 perunggu Malang Melintang serta 1 perunggu di Kecepatan.

"Hasil ini sudah membuktikan kita bisa bersaing di tingkat nasional," ungkapnya. Hanya saja, Peter masih memerlukan kekuatan penuh berupa penambahan atlet untuk memenuhi kuota 31 atlet yang akan bertanding di PON nanti.

Selanjutnya 1 2