FOBI Sumut Bidik 6 Medali di PON 2024

Sementara saat ini, FOBI Sumut baru memiliki 13 atlet yang sudah ikut dalam pemusatan latihan daerah (Pelatda) Sumut. Ke 13 atlet itu terbagi dalam 8 orang di nomor tradisional dan 5 orang di nomor pekingsai.

"Tapi kita masih yakin dengan waktu yang ada kuota itu terpenuhi dan bisa diandalkan pada PON nanti," yakin Peter, yang mengaku sedang mencari pelatih nasional dan juga internasional seperti dari Malaysia dan Tiongkok.

Oleh sebab itu, pihaknya terus menggenjot persiapan serius terutama pelatihan fisik. Apalagi diakui Peter, dari segi fisik dan stamina ini menjadi salah satu kelemahan atletnya.

"Maka persiapan terus kita genjot, bahkan lebih sering atlet Barongsai Sumut akan kita ikutkan ke kejuaraan baik nasional hingga internasional sehingga mereka memiliki jam terbang yang banyak dengan bertanding," jelas Peter seraya menyebutkan akan membawa tim Barongsai Sumut ke Genting, Kuala Lumpur, Malaysia pada Agustus 2023 mendatang untuk mengikuti Kejuaraan Barongsai yang diikuti 20 negara dari seluruh dunia.

Sementara, Bobby C Halim menambahkan, sejak kepemimpinan Peter Suhendra sebagai Ketua FOBI Sumut, Barongsai Sumut telah berbuat banyak melakukan persiapan salah satunya adalah menggelar kejuaraan bertaraf internasional yang diikuti 3 negara tetangga, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

"Jadi kami yakin persiapan kami cukup serius dan bisa memenuhi target yang kami usung ini," kata Bobby.

Dikatakan, pihaknya terus menggeber persiapan atletnya dengan rutin berlatih setiap hari di Lanud Soewondo (latihan tekhnik) dan Stadion Unimed (fisik).

"Program pelatda kita gelar setiap hari Senin hingga Jumat, untuk Sabtu dan Minggu kita berlatih di Kolam Renang Selayang yang dipantau coach Asep dan David," pungkasnya.

Sementara, pengawas dan pendamping (Wasping) dari KONI Sumut, Perry Iskandar mengaku cukup terkejut dengan target 6 medali yang disampaikan Peter Suhendra tadi.

Namun setelah dijelaskan 6 medali itu rinciannya apa, barulah Perry mengakui kalau target tersebut cukup realistis karena Sumut sebagai tuan rumah.

"Kalau 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu yang menjadi target FOBI Sumut menurut saya itu cukup realistis, apalagi ini olahraga tidak terukur. Sebagai tuan rumah ya itu realistis," tutupnya. (*)

Selanjutnya 1 2
Penulis: Bayu

Baca Juga