LIVE VIDIO SABTU MALAM PUKUL 21.00 WIB

Prediksi Final FA Cup, Man City VS MU: Bigmatch The King Of Manchester

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Manchester City dan Manchester United bertarung di Wembley Stadium pada partai final FA Cup 2022/2023., Sabtu (3/6/2023) pukul 21.00 WIB. Duel ini bukan cuma memperebutkan trofi, melainkan juga gengsi sesama tim Manchester.

Pemenang laga ini bisa menentukan peta kekuatan kedua rival sekota itu di Manchester. Manchester City membawa status sebagai jawara Liga Inggris 2022/2023. The Citizens finis di peringkat pertama EPL lewat raihan 89 poin. Di sisi lain, Manchester United juga telah mengantongi trofi. Tim peringkat 3 EPL itu sebelumnya menjuarai Piala Liga Inggris pada Februari 2023 lalu.

Piala FA 2023 memberi kesempatan Manchester City untuk merintis treble winner mereka musim ini. Setelah mengunci gelar EPL, The Citizens hanya membutuhkan tambahan 2 trofi lagi. Keberhasilan itu akan ditentukan City di final Piala FA akhir pekan ini, selain partai puncak UCL pada 11 Juni 2023 mendatang.

Apabila Manchester City mampu merengkuh 3 trofi sekaligus musim ini, maka itu akan jadi capaian bersejarah bagi klub. Namun, upaya itu bakal menemui tantangannya. Sebagai rival sekota dan peraih treble pertama di Inggris tahun 1999 silam, Manchester United diprediksi tak akan tinggal diam.

Guna mengantisipasi perlawanan Manchester United, strategi khusus memang perlu disiapkan Pep Guardiola. Namun, di luar itu, Guardiola cenderung menekankan pada aspek latihan dan pembentukan mental tim. Pasalnya, 2 hal itu dianggap lebih penting bagi City di laga krusial seperti final.

"Kami perlu melakukan sesi latihan yang berkualitas, tidak lama, tetapi merencanakan apa yang harus kami lakukan untuk mengalahkan tim lain." tutur Pep. Apa yang menjadi fokus Pep tampaknya tidak terlepas dari kondisi skuad City saat ini. Pep tak memungkiri bahwa kelelahan sempat mempengaruhi keadaan pemain The Citizens.

Pada laga terakhir EPL kontra Brentford, City bahkan tak memboyong Kevin De Bruyne, Jack Grealish, Ruben Dias, dan Manu Akanji karena masalah kebugaran. Beberapa pemain kunci lainnya juga tak masuk starter, seperti John Stones, Rodri, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva, dan Erling Haaland. Hal itu mengindikasikan bahwa Pep Guardiola memang tengah sibuk untuk menyiapkan 2 final yang harus dijalani timnya.

Manchester United memiliki modal penting jelang berlaga di final Piala FA 2023. The Red Devils menuntaskan 4 laga terakhir EPL dengan kemenangan. Dengan hasil tersebut, MU mengakhiri Liga Inggris 2022/2023 di posisi 3 via raihan 75 poin. Mereka juga lolos ke putaran final UCL musim depan setelah musim lalu absen. Manchester United tengah diliputi kepercayaan diri tinggi.

Usai menang atas Fulham di laga terakhir EPL, Erik ten Hag yakin jika MU dapat mengalahkan City di final FA Cup. Optimisme itu tak lepas dari pengalaman Iblis Merah yang pernah menumbangkan City pada awal tahun 2023.

"Kami mengalahkan mereka [City] di Januari lalu. Para pemain ini tahu ketika mereka bermain di level mereka, mereka dapat bersaing. Kami bermain melawan tim terbaik, tetap ada peluang," tutur Erik ten Hag. Meski optimisme tengah menjalar di tubuh MU, pemegang 12 gelar FA Cup ini bukan tanpa masalah. The Red Devils terancam tak diperkuat nama-nama andalannya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga