Sami Zayn Sang Pengulat Muslim Dermawan

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Sami Zayn sang pegulat muslim mengubah pentas gulat profesional WWE, ternyata benar adanya. Orang dalam menganggapnya sebagai salah satu pemain in-ring terhebat di daftar WWE. Dia juga dipuji karena karisma dan kemampuannya untuk menarik para penggemar dengan wawancara pra-pertandingannya.

Reaksi positif terhadap Sami Zayn inilah yang membuat para penggemar gulat menyematkan gelar pahlawan terhadap Mansoor dan Ali yang disebutkan di atas. Nama asli Sami Zayn adalah Rami Sebei. Ia lahir di Quebec pada tahun 1984 dari imigran Suriah. Sementara banyak Muslim yang berimigrasi ke Kanada dan Amerika selama tahun 1980-an meninggalkan agama mereka dalam upaya menyesuaikan diri.

Orang tua Zayn membesarkannya dengan keyakinan mereka. Kedua orangtuanya mengajarkannya prinsip-prinsip Islam, mendorong puasa selama Ramadhan, dan mengajarinya bahasa Arab. Hingga hari ini, Zayn dapat lancar berbicara bahasa Arab. Faktanya, pencarian cepat di YouTube akan memunculkan banyak video tentang dia berbicara kepada penggemar dalam bahasa Arab dengan tepuk tangan meriah.

Zayn cukup tertutup tentang kehidupan pribadinya. Tidak seperti setiap aspek lain dari kehidupan pribadinya, Zayn tidak hanya mengakui fakta bahwa dia adalah seorang Muslim, tetapi secara aktif memamerkannya. Ini telah mengubahnya menjadi mercusuar inspirasi dan dorongan bagi penggemar gulat Muslim muda, yang tidak selalu memiliki kesempatan untuk melihat seseorang yang seiman mereka digambarkan secara positif dalam program WWE.

Ini adalah salah satu dari banyak ajaran Islam tentang amal yang mungkin ada dalam pikiran Sami Zayn ketika dia meluncurkan kampanye Sami for Syria pada musim panas 2017. Secara resmi dimulai pada hari ulang tahun ke-33 Zayn, Sami for Syria adalah kampanye penggalangan dana dengan tujuan menciptakan klinik bergerak di Suriah.

Pada saat itu, kebutuhan akan klinik kesehatan di Suriah sangat tinggi. Superstar WWE sangat bertekad untuk memenuhi kebutuhan ini sehingga dia berjanji untuk mencocokkan setiap donasi yang diberikan kepada dana Sami for Syria hingga senilai $5.000.

Ketika penggalangan dana akhirnya mencapai tujuannya, Zayn menulis di Twitter, bahwa itu adalah “hari paling membanggakan dalam hidupnya”. Dia juga men-tweet serangkaian gambar yang memperlihatkan anak-anak Suriah menerima bantuan medis yang sangat mereka butuhkan.

Tetapi tindakan amal Zayn tidak berakhir pada 2017. Pada Juli 2019, tak lama setelah tersiar kabar bahwa dia telah dilarang menghadiri acara WWE di Arab Saudi karena perannya membantu warga Suriah, mantan Juara NXT
mengumumkan bahwa dia akan meluncurkan penggalangan dana lainnya.

Sama seperti kampanye Sami for Syria, penggalangan dana kedua ini bermitra dengan Masyarakat Medis Amerika Suriah dengan tujuan memberikan bantuan medis kepada rakyat Suriah. (hdy/nt)

Penulis:

Baca Juga