Pemprov Aceh Usulkan PON 2024 Ditunda 1 Tahun

MEDANSPORT.ID - ACEH - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, Dedy Yuswadi mengusulkan ke pemerintah pusat agar pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 agar ditunda 1 tahun. "Rapat terakhir kita di Medan, kita mengusulkan PON ini ditunda satu tahun, sebagaimana dengan Papua, kan ditunda 1 tahun," kata Dedy, kemarin.

Permintaan penundaan itu, kata Dedy, dengan alasan masih adanya beberapa infrastruktur belum memiliki kejelasan terkait proses pembangunannya, salah satu venue utama PON Aceh yang berada di Aceh Besar.

"Soal venue utama PON Aceh saya nggak bisa jawab itu dulu, tapi yang jelas kita tetap mengusahakan," ujarnya.

Dijelaskan, pembangunan venue-venue event olahraga terbesar di Tanah Air itu adalah ranahnya Kementerian PUPR. Oleh karena itu, kata dia, Provinsi Aceh terus melobi pusat.

"Kalau nggak dibangun, tidak ada lagi yang ditinggalkan dari PON ini, kita berharap tetap ada stadion baru di Aceh, kita terus melobi-lobi dengan PUPR, karena memang anggarannya di PUPR," ujarnya.

Sejauh ini, tambah Dedy, pemerintah pusat baru menganggarkan anggaran untuk rehab beberapa infrastruktur cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti, seperti Stadion Harapan Bangsa, lapangan tenis dan lain sebagainya.

"Kemudian anggar, angkat berat, termasuk venue bela diri, itu anggarannya informasi saya terima sudah ada sekitar 200 miliar lebih, nah untuk venue baru sendiri belum ada, tapi kita tetap mengusahakan, mudah mudahan pemerintah pusat bisa mengakomodir apa yang kita minta," pungkasnya. (inf/nt)

Penulis:

Baca Juga