Dirangkum Kembali Oleh: Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

Mengenang ‘Duel’ Timnas Indonesia VS Uruguay 48 Tahun Silam

Aksi Anjas Asmara melewati hadangan bek Uruguay Mario Gonzalez (terjatuh) setelah menerima umpan Waskito dan akhirnya diselesaikan menjadi gol kedua untuk Indonesia oleh Anjas Asmara.

Tentu saja tawaran sangat simpatik Uruguay, yang didukung oleh Australia ini disambut dengan suka cita oleh PSSI. PSSI tak memikirkan bagaimana soal hasil uji coba dengan tim nasional Uruguay yang prestasinya sangat mengkilap ini.

Sebanyak 20 pemain disiapkan oleh PSSI menghadapi pertandingan ini yaitu: Ronny Pasla, Yudo Hadianto, AA.Rake (kiper), Anwar Ujang, Yuswardi, Widodo, Sutan Harhara, Rusdy Bahalwan, Subodro, Oyong Liza, Nyoman Witarsa (belakang), Ronny Pattinasarany, Anjas Asmara, Nobon, Junaidi Abdillah, Erwin Sumampow (tengah). Abdul Kadir, Risdianto, Waskito dan Andi Lala.

Pelatih Timnas Djamiat Dalhar yakin dengan kemampuan pemain-pemainnya. Djamiat memainkan skema 4-3-3, skema yang cenderung menyerang, meskipun yang dihadapi adalah salah satu kekuatan utama sepakbola dunia dari Amerika Latin.

Di bawah mistar berdiri mantan kiper PSMS yang baru hijrah ke Persija Ronny Pasla. Barisan belakang digalang oleh Stopper PSMS Anwar Ujang (yang juga bertindak sebagai kapten) didampingi bintang Persebaya Subodro, Yuswardi (PSMS) dan Sutan Harhara (Persija).

Sedangkan di barisan gelandang Nobon (PSMS), Ronny Pattinasarany (PSM) bahu membahu bersama gelandang serang Anjas Asmara (Persija). Pemain sayap diperankan oleh winger yang dijuluki "Si Kancil" Abdul Kadir (Persebaya) di kiri dan Waskito (Persebaya) di kanan, yang bermain lincah dan gesit dalam menopang serangan.

Striker tajam Risdianto (Persija) dipercaya sebagai ujung tombak tim. Uruguay memulai pertandingan dengan sedikit santai dan penuh percaya diri. Namun mereka mulai kaget ketika bek tengah Anwar Ujang, yang dijuluki “Beckenbauer Indonesia” dan Sutan Harhara beberapa kali berani melakukan overlapping yang mengancam gawang Uruguay.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga