Catatan Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

Jika Prancis Juara Tercipta Sejarah Baru, Seperti Apa?

Marcus Thuram bersama ayahnya Lilian Thuram.

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Ada kesan tersendiri dari Timnas Prancis andai Didier Deschamps membawa tim dan negaranya menjadi Juara Piala Dunia 2022. Seperti apa kira-kira? Inilah catatan Indra Efendi Rangkuti yang seharinya bertugas di Staf Tax Centre USU sekaligus Pemerhati Olahraga Sumut.

"Andai Prancis juara Piala Dunia 2022 ini maka akan tercipta sejarah baru yaitu akan ada ayah dan anak yang Juara Piala Dunia, yaitu Lilian Thuram dan Marcus Thuram," singkat Indra Efendi Rangkuti yang dirangkumnya melalui sejumlah literasi, Sabtu (17/12/2022).

Lilian Thuram membawa Prancis Juara Piala Dunia 1998. Kini Marcus Thuram berpeluang menyamai prestasi ayahnya. Ruddy Lilian Thuram-Ulien alias Lilian Thuram yang lahir pada 1 Januari 1972 adalah mantan pemain sepak bola profesional Prancis yang bermain sebagai bek.

Dia mulai bermain sepak bola secara profesional di tanah airnya bersama Monaco dan bermain di beberapa klub papan atas di Prancis, Italia, dan Spanyol selama lebih dari 15 musim, dengan peran penting di Serie A bersama Parma dan Juventus sebelum mengakhiri karir di Barcelona.

Bersama Prancis, Thuram adalah pemain kunci tim yang memenangkan Piala Dunia FIFA 1998,Piala Eropa 2000, dan runner-up di Piala Dunia 2006. Thuram adalah pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah timnas Prancis dengan 142 penampilan sepanjang karirnya di Timnas mulai 1994 hingga 2008 sebelum Hugo Lloris melampaui rekornya tersebut pada tahun 2022.

Thuram mampu bermain baik sebagai bek tengah atau sebagai bek kanan, dan kompeten baik secara ofensif maupun defensif. Terlepas dari gaya bermainnya yang agresif, Thuram digambarkan sebagai sosok yang "rajin belajar" di luar lapangan. Bersama Monaco Thuram sukses meraih Juara Piala Prancis 1991.

Lilian Thuram (tengah) ketika membawa Prancis Juara Piala Dunia 1998 bersama
Didier Deschamps (kanan) dan Bernard Diomede (kiri).

Bersama Parma Tuhuram meraih Juara UEFA Cup 1999,Copa Italia 1999 dan Super Italia 1999.Bersama Juventus Tuhuram sukses meraih Scudetto pada 2002 dan 2003 dan bersama Barcelona meraih Juara Super Spanyol pada 2006. Lilian Thuram sendiri adalah seorang mualaf ketika tahun 1991 memutuskan untuk masuk Islam.Lilian Thuram pensiun dari sepakbola pada 2008 akibat gangguan jantung yg dialaminya.

Thuram memiliki dua putra dari istri pertamanya Sandra yaitu Marcus (lahir 6 Agustus 1997) dan Khéphren (lahir 26 Maret 2001), dan keduanya menjadi pesepakbola profesional. Marcus Thuram bermain sebagai penyerang atau sayap kiri untuk klub Bundesliga Borussia Mönchengladbach dan kini memperkuat Prancis di Piala Dunia 2022. Sedangkan Khéphren Thuram sebagai gelandang untuk klub Ligue 1 Nice.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga