Mantan Kapten Tim PSMS Medan Bicara Semifinal Piala Dunia 2022

Bambang Usmanto: Peta Kekuatan Prancis Lebih Mumpuni

Bambang Ustamanto (Mantan Kapten Tim PSMS Medan Era 90-an)

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 WIB, di Al Bayt Al Khor Stadium, juara bertahan Perancis akan ditantang oleh tim yang semula tidak diunggulkan sama sekali yaitu Maroko di partai semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

"Kalau ditanya kata hati, sebenarnya saya berharap agar Maroko bisa membuat sejarah baru dengan menjuarai Piala Dunia tahun ini, paling tidak mereka bisa membuat kejutan lagi dengan menumbangkan raksasa sepak bola dunia seperti tim Perancis ini," urai mantan Kapten Tim PSMS Medan, Bambang Usmanto, Rabu (14/12/202).

Sebelumnya, tim Maroko juga telah berhasil mengalahkan tim Belgia (ranking 2 dunia), Spanyol (ranking 7) dan Portugal (ranking 9) sesuai daftar ranking yang dilansir oleh FIFA terakhir kali.

"Tapi kalau ditanya soal peta kekuatan dari kedua tim, saya juga harus jujur menyampaikan pendapat saya bahwa Prancis masih lebih unggul sedikit dari Maroko. Seperti yang sudah pernah saya sampaikan sebelumnya saat tim Perancis bertemu Inggris di babak 8 besar kemarin bahwa di tim Perancis itu kekuatannya merata di setiap lini, lebih matang dan lebih solid," tambah Bambang lagi.

Mereka (Prancis-red), kata dia, punya pemain-pemain bagus di setiap lini, seperti Mbappe, Dembele dan Oliver Giroud di sektor depan, Antoine Griezmann, Rabiot, Tchouameni. Di sektor tengah, Jules Konde, Varane, Theo Hernandez di sektor pertahanan dan Hugo Lloris dibawah mistar. Begitupun semuanya bisa saja terjadi di lapangan.

"Selain itu tim Prancis yang saya lihat mempunyai banyak variasi dalam bermain terutama pada saat menyerang untuk membongkar pertahanan lawan, berbeda dengan tim Spanyol dan Portugal yang dikalahkan oleh tim Maroko," imbuhnya.

Tapi tim dengan materi yang banyak dihuni oleh pemain-pemain bintang tidak juga menjamin akan bisa memenangkan pertarungan. Kejelian pelatih dalam menganalisa permainan lawan, kemudian menerapkan taktik dan strategi yang tepat dan dapat dijalankan oleh pemain-pemainnya serta kekompakan dan kebersamaan pemain juga sangat menentukan.

Selain itu, katanya, faktor Lucky (keberuntungan) juga ikut berperan di sini. Tim Maroko sendiri tidak bisa dipandang enteng. Mereka sudah membuktikan diri dengan melewati fase yang cukup berat, mulai dari babak penyisihan group, 16 besar sampai di 8 besar.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga