Ulasan Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut.

Indra Efendi Rangkuti: Jerman Diperkirakan Angkat Koper Lebih Cepat

Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut).

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Spanyol akan menghadapi Jerman di Stadion Al Bayt, Al Khor, Senin (28/11/2022) pukul 02.00 WIB. Spanyol kini memimpin klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin usai menang dari Kosta Rika 7-0.

Sedangkan Jerman kini menempati urutan ketiga klasemen Grup E usai kalah 1-2 dari Jepang di laga perdana. Melihat kondisi mental para pemain saat ini, jelas Spanyol lebih diunggulkan untuk bisa menaklukkan Jerman dan lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Belum lagi Jerman juga disorot karena lebih sibuk memprotes larangan Kampanye LGBT di Qatar ketimbang mengurus penampilannya di lapangan hijau. "Jika kembali kalah, Jerman bakal tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022. Jerman tersingkir jika kalah dari Spanyol, plus di laga lain Jepang menang atau imbang atas Kosta Rika," ujar Indra Efendi Rangkuti yang menjabat Staf Tax Centre USU dan Pemerhati Olahraga Sumut, Minggu (27/11/2022)

Karena itu, wajib bagi Kai Havertz dan kawan-kawan bangkit saat bersua Spanyol. Meski Spanyol menang 7-0 atas Kosta Rika di laga perdana, bukan berarti Jerman tak bisa menang atas skuad La Furia Roja (julukan Spanyol).

Secara performa, Jerman masuk kategori luar biasa di laga pertama kontra Jepang. Skuad asuhan Hansi Flick itu mencatatkan 73 persen penguasaan bola dan melepaskan 26 tembakan, yang mana sembilan di antaranya tepat sasaran.

Walau begitu, lanjujnya, Spanyol yang kini banyak diperkuat muka-muka baru telah menunjukkan bahwa pemainnya tidak "demam panggung" di laga perdana Piala Dunia 2022 ini dengan menekuk Kosta Rika 7-0. Dari segi head to head, timnas Jerman sebenarnya unggul atas Spanyol.

Timnas Jerman unggul tipis dengan raihan sembilan kemenangan berbanding delapan milik Spanyol, dari total 25 pertemuan. Meski demikian, timnas Jerman gagal mengalahkan Spanyol dalam tiga pertemuan terakhir.

Pertemuan terakhir timnas Jerman dan Spanyol bertemu terjadi pada 17 November 2020 di panggung UEFA Nations League 2020-2021. Der Panzer (julukan Timnas Jerman-red), ketika kalah telak 0-6 dari Spanyol di Estadio de La Cartuja.

"Timnas Jerman dini hari nanti terancam jatuh ke lubang sejarah buruk di Piala Dunia," imbuhnya lagi.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga