Jumlah Peserta Fornas VI Palembang Pecahkan Rekor

MEDANSPORT.ID - PALEMBANG - Antusiasme masyarakat untuk menyemarakkan dan mensukseskan Fesitival Olaharga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 mengalami lonjakan. Bahkan jumlah peserta tahun ini menjadi rekor Fornas.

"Antusiasme masyarakat sungguh tak terduga. Peserta mencapai sekitar 12 ribu dan menjadi rekor Fornas. Masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) juga antusias memberi dukungan dan menyaksikan Fornas
ini," kata Ketua Panitia Pelaksana Fornas VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022, Achmad Syamsudin saat mengisi acara Podcast ‘Sportcast LPDUK’ di Palembang, kemarin.

Dia menjelaskan, peserta Fornas VI awalnya diproyeksikan sekitar 8.000, kemudian naik menjadi 10.000. Bahkan angka tersebut naik lagi mencapai 12.000 sehingga menjadi catatan peserta terbanyak sepanjang perhelatan Fornas.

Banyak peserta juga datang dengan keluarga dan ada yang menginap di rumah keluarganya di Palembang untuk menghadiri Fornas yang berlangsung 1-7 Juli 2022 ini. Antusasime masyarakat Sumsel untuk menyaksikan perlombaan Fornas juga membuat jalanan di Palembang kerap padat merayap. Hotel dan restoran juga penuh.

"Fornas memberikan berkah. UMKM Sumsel juga hidup. Pekan ini, Palembang menjadi kota nasional," tambah Syam, panggilan akrab Achmad Syamsudin.

Apresiasi dan pujian atas penyelenggaraan Fornas VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 memang dilontarkan banyak pihak, bahkan dari Menpora RI Zainudin Amali yang membuka Fornas VI.

Syam menegaskan, kunci sukses pelaksanaan Fornas VI kali ini adalah sinergi dari semua pihak. Sinergi terbangun diantara jajaran pemerintahan baik provinsi maupun kota dan kabupaten, panitia, asosasi masyarakat dan para sponsor yang mendukung kegiatan ini.

“Kuncinya sinergi dan ini selalu disampaikan Gubernur Sumsel. Ini ajang olahraga, sekaligus ajang silaturahim. Kalo kita bersinergi, kita bisa melakukan hal yang luar biasa,’ tuturnya.

Selain dukungan sponsor dari perusahaan-perusahaan besar, dana sponsor Fornas VI yang masuk juga datang atas nama perorangan dan perusahaan-perusahaan dalam jumlah tidak besar.

“Selain perusahaan yang memberikan sponsor milyaran, ada juga ada yang mentransfer Rp200 ribu, Rp500 ribu, Rp1 juta dan Rp2 juta dan seterusnya. Semua kita catat dan laporkan sebagai penerimaan yang bisa digunakan Kembali oleh Panitia untuk menyemarakkan event Fornas VI ini,” tutup Dini Desriani. (sps/nt)

Penulis:

Baca Juga