Federico Gatti, Dulu Kuli Bangunan Sekarang Pemain Andalan Italia

MEDANSPORT.ID - WOLVERHAMPTON - Kisah hidup Federico Gatti sedikit banyak bikin pencinta sepak bola terenyuh. Betapa tidak, dia menempuh jalan hidup yang berliku hingga akhirnya merasakan debut bersama Timnas Italia pada laga UEFA Nations League 2022-2023.

Membela tim nasional adalah impian setiap pesepak bola termasuk Gatti. Namun, dia harus menempuh jalan hidup yang berliku, tidak seperti kebanyakan rekan setimnya di Timnas Italia. Gatti bahkan pernah menjadi seorang kuli!

Dilansir dari Football Italia, Federico Gatti lahir di Rivoli pada 24 Juni 1998. Karier sepak bolanya dimulai dari klub amatir bernama Eccellenza di divisi lima Liga Italia. Karena masih di tataran amatir, dia harus memikirkan cara lain untuk menyambung hidup.

Federico Gatti rela membantu ayahnya sebagai seorang kuli bangunan. Sang ayah diketahui sempat tidak bekerja alias menjadi pengangguran. Pekerjaan sebagai kuli bangunan rela dia tekuni demi membantu perekonomian keluarga.

Namun, mimpinya untuk menjadi pesepak bola tidak pernah mati. Setiap tangga di kasta sepak bola Italia dia tempuh. Pada akhirnya, penampilan Gatti bersama Frosinone pada Serie B 2021-2022 menarik minat Juventus.

Ya, Federico Gatti dibeli Juventus pada bursa transfer musim dingin 2022 seharga 9 juta euro (setara Rp138 miliar). Namun, dia dipinjamkan kembali ke Frosinone untuk menjalani paruh kedua musim.

Walau hanya bermain di Serie B, Gatti tetap mendapat kesempatan membela Timnas Italia. Roberto Mancini memanggilnya ke Gli Azzurri untuk menghadapi UEFA Nations League 2022-2023. Debutnya pun terjadi di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris.

Mancio bahkan berani menurunkannya sebagai starter di laga kontra Inggris. Kepercayaan itu dibayar lunas Gatti. Dia tampil lugas mengawal lini belakang Italia. Alhasil, skor 0-0 tercipta di akhir pertandingan.

Menurut catatan Opta, Gatti terlibat dalam 11 duel perebutan bola, jauh lebih banyak dari rekan setimnya di Timnas Italia pada pertandingan itu. Pemain berpostur 190 sentimeter (cm) itu juga mencatatkan blok terbanyak (tiga kali), intersep terbanyak (dua), dan paling sering dilanggar.

Menariknya, Gatti memakai kostum bernomor 3 di laga tersebut. Dia langsung dinobatkan sebagai The Next Giorgio Chiellini, pemain yang identik dengan nomor punggung 3. Apalagi, Gatti akan membela Juventus pada musim 2022-2023, di saat Chiellini hengkang. (sps/mds)

Penulis:

Baca Juga