Kembali Memimpin Periode 2022-2027

Alan Ginting: 350 Atlet NPC Diharapkan Bisa Membela Sumut

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Untuk kedua kalinya Alan Sastra Ginting kembali dipercaya memimpin National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara periode 2022-2027. Alan mendapat dukungan penuh dari 16 Pengda NPC kabupaten dan kota.

Alan Sastra mengatakan, tanggung jawab ini merupakan amanah dari NPC kabupaten dan kota demi tujuan ke depan NPC lebih maju, baik dalam hal prestasi maupun pengembangan organisasi di daerah.  Termasuk mempersiapkan atlet menuju event nasional mau pun internasional. Salah satunya mewujudkan Sumut juara umum Peparnas 2024.

“Kita punya tanggung jawab besar di Peparnas 2024. Makanya kita fokuskan pada pembinaan atlet-atlet NPC Sumut. Target kita itu 350 atlet bisa membela Sumut di Peparnas 2024, sekaligus bisa menjawab tantangan sebagai juara umum,” ucap Alan usai Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) NPC Sumut yang berlangsung di Hotel Fave Medan, kemarin.

Dirinya juga mengajak pengurus bisa bersama-sama mewujudkan target mengirimkan atlet Sumut sebanyak-banyaknya ke Pelatnas. Maka diharapkan peran dari NPC kabupaten dan kota fokus pada pembinaan atlet berprestasi khususnya memantau potensi mereka.

“Saya punya keyakinan atlet NPC Sumut bisa masuk Pelatnas dan membela Indonesia di kancah nasional. Saat ini sudah 20 atlet Sumut ke Pelatnas dan saya punya target sampai 2024 nanti minimal 70 atlet Sumut bisa ke Pelatnas,” optimisnya.

Ketua I Bidang Organisasi NPC Indonesia, Rio Suseno, meyakini misi juara umum Sumut pada Peparnas 2024 bukan tidak mungkin. Penjaringan atlet potensial hingga ke tingkat daerah-daerah adalah kuci kesuksesan NPC Sumut untuk mewujudkan misi tersebut.

“Saya melihat perkembangan dari sisi organisasi dan prestasi, NPC Sumut sudah on the track. Rohnya dan spiritnya sudah ada, tinggal volumenya harus lebih besar. Alan sebagai Ketua NPC Sumut bisa membawa Sumut juara umum Peparnas 2024,” kata Rio.

Dikatakan, tantangan terbesar yang bakal dihadapi pengurus adalah pembinaan atlet sebelum Peparnas dimulai. Konsistensi dibutuhkan agar target yang diemban tidak meleset. Salah satunya membangun komunikasi antara NPC provinsi dengan NPC Indonesia.

“Tugas terberat adalah dari sisi organisasi tim dan tuan rumah. Makanya NPC Sumut harus fokus mempersiapkan tim kontingen dengan baik agar tidak terganggu. Makanya, jalin komunikasi dan sinergi antara NPC daerah dengan NPC pusat,” sambungnya.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi diwakili staf ahli bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat, Kaiman Turnip mengatakan selama ini berbagai prestasi NPC Sumut di kancah nasional dan internasional sangat membanggakan. Termasuk pada Peparnas 2021 di Papua, Sumut mampu bertengger di posisi 5 Besar.

“Pada Peparnas 2021 di Papua, provinsi Sumut meraih 27 emas, 32 perak, dan 15 perunggu dan menduduki peringkat lima besar. Ini pencapaian luar biasa. Kalau bisa kita pertahankan dan bisa ditingkatkan di Peparnas 2024,” kata Turnip.

Musorprov NPC Sumut yang berlangsung 19-21 Januari 2022 turut dihadiri Kadispora Sumut Ardan Noor Hasibuan, Ketua STOK Bina Guna Medan Hj Liliana Puspasari, pengurus KORMI Sumut dan Wakil Ketua Bidang Organisasi NPC Indonesia Heri Isranto. (wsp/mds)

Penulis:

Baca Juga