Menuju Porprovsu

Gunakan Prokes, Atlet Kempo Ini Tetap Fokus Latihan

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pandemi Covid-19 belum berakhir sampai saat ini. Situasi ini membuat salah seorang atlet Kempo Medan harus latihan mandiri di rumah.

Tentunya, penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) saat latihan menjadi menu utama bagi Fahmita Ramayani Pratiwi Hasibuan yang akrab disapa Kenshi ini.

"Prokes saat latihan itu juga suatu kewajiban. Dan hal itu tetap saya terapkan di rumah mau pun di luar," sebut cewek berhijab ini kepada MEDANSPORT.ID. 

Kedisiplinan menggunakan masker tak cuma melekat di hati Kenshi. Namun juga di keluarganya.

"Kalau keluar rumah, keluarga selalu mengingatkan untuk menggunakan masker dan membawa handsanitizer. Kalau pergi latihan, pelatih juga mengingatkan. Pokoknya semua mengingatkan agar terhindar dari paparan Covid-19," ujar Kenshi di Medan, Jum'at (7/1/2022).

Dia mengaku sudah terbiasa menerapkan Prokes sesuai anjuran pemerintah, seperti menggunakan masker ke mana-mana. Sebab itu merupakan salah satu cara untuk menghindari Covid-19.

"Kemana-mana selalu menggunakan masker. Bahkan, saya juga bawa stok masker di tas," ungkapnya.

Si kuning langsat kelahiran 29 April 2001 ini mengatakan, kebiasaan menggunakan masker itu sudah dilakukan sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Bukan hanya itu, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) tersebut sudah terbiasa mencuci tangan ketika memasuki ruangan.

"Justru sekarang saya merasa khawatir jika pulang ke rumah tanpa cuci tangan. Atau masuk ke salah satu tempat tanpa mencuci tangan termasuk saat latihan. Saya merasa ada virus lengket di tangan," sebut atlet binaan KONI Medan ini.

Karena disiplin prokes tersebut, Fahmi mengaku bisa menjalankan semua aktivitasnya. Mulai dari belajar hingga latihan. "Sebagai atlet, kita harus tetap latihan. Sebagai mahasiswa, kita harus tetap belajar. Semua bisa dilakukan dan dijalani dengan menerapkan Prokes," jelas putri pasangan Ismail Fahmi Hasibuan dengan Prastuty Ramayani ini.

Selain disiplin Prokes, alumni SMA Negeri 7 Medan itu juga rajin minum madu dicampur rebusan kunyit dan serai. Ramuan itu dipercaya meningkatkan imunitas tubuh dan berjemur matahari pagi "Meski sudah divaksin, saya juga rajin minum ramuan itu. Ramuan itu diminum setiap pagi satu jam belum sarapan dan berjemur matahari pagi minimal 20 menit di depan rumah," sebutnya.

Sekilas dikisahkan Kenshi mulai latihan Kempo sejak SMP. Sekarang dia merupakan salah satu atlet andalan Perkemi Medan. Alumni SMP Negeri 18 Medan itu pun diproyeksikan ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Target saya sekarang adalah lolos dan meraih prestasi di PON 2024. Namun sebelum mengambil tiket di arena pesta akbar nasional tersebut. Saat ini fokus latihan dengan menu utama penerapan Prokes untuk unjuk prestasi di Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) yang rencana di gelar tahun depan," pungkasnya.

Penulis: Bayu
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga