Medan Kota Terbaik Wushu Piala Wali Kota

MEDANSPORT.ID - MEDAN- Kontingen Kecamatan Medan Kota memastikan tampil sebagai juara cabor wushu pada kejuaraan Piala Wali Kota Medan 2021, yang berlangsung dua hari di Padepokan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI), Jalan Wushu, Medan, dan berakhir Selasa (23/11/2021) malam.

Medan Kota tampil sebagai pengumpul medali terbanyak dengan meraih 2 medali emas, 2 perak, dan satu perunggu. Urutan kedua ditempati kontingen Medan Area dengan 1 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Medan Polonia menempati urutan ketiga setelah meraih 1 medali emas dan 1 perak, disusul Medan Petisah berada di urutan keempat dengan 1 medali emas dan 1 perunggu.

Medali emas kontingen Medan Kota dipersembahkan Rizky Raidani yang memenangi nomor nanguan/changquan putra. Medali emas kontingen Medan Kota lainnya direbut Vincent yang turun pada nomor qiangshu/gunshu/nangun putra.

Kadispora Medan, Pulungan Harahap SH MSi mewakili Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution SE MM ketika menutup kejuaraan mengatakan, untuk para peraih medali emas jangan langsung puas meraih prestasi terbaik di ajang Piala Walik Kota.

"Hari ini kalian juara di tingkat Piala Wali Kota. Jangan cepat puas, tingkatkan latihan agar prestasi semakin mengkilap. Kepada yang belum berhasil meraih juara jangan putus asa, kegagalan kali ini jadikan motivasi untuk latihan lebih giat, sehingga mampu menjadi juara,” katanya.

Penutupan kejuaraan Piala Wali Kota cabor wushu juga dihadiri Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani, Ketua YKWI Heriyanto, dan Wakil Ketua Pengcab WI Medan Johan Chongiran.

Pulungan Harahap memberikan apresiaisi, cabang olahraga Wushu mampu mempertahankan tradisi emas PON, dan atlet-atlet Medan tetap menjadi tulang punggung keberhasilan kontingen Sumut.

“Dari padepokan Yayasan Kusuma Wushu Indonensia binaan master Supandi Kusuma ini selalu muncul atlet-atlet berprestasi internasional. Dan saya yakin di antara kalian nanti akan lahir juara-juara baru,” katanya.

Pulungan juga mengucapkan terimakasih kepada Master Supandi Kusuma yang telah mengijinkan padepokan YKWI untuk menggelar Piala Walikota.

“Mewakili masyarakat Medan dan juga masyarakat wushu, kami mengucapkan terimakasih kepada Master Supandi Kusuma yang memberikan ijin anak-anak untuk bertanding di sini,” katanya.

Pulungan mengaku kagum melihat keberadaan padepokan yang telah melahirkan puluhan atlet wushu berprestasi kelas dunia itu. Menurutnya hal itu memperlihatkan sumbangsih Supandi Kusuma dalam membina wushu sudah cukup banyak. Piala Wali Kota Medan 2021 cabor Wushu diikuti 75 peserta terdiri dari 43 putra dan 32 putri yang turun di 8 kelas.

Penulis: Bayu
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga