Catatan: Dollar Parinduri

Mandalika & JIS ‘Go’ Indonesia Sport 2021

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Jangan lagi melempem. Ayo bangkit. Negeri berjuta talenta muda nan berbakat. Pacu semangat, ukir prestasi. Langkah 2021 dengan fasilitas mumpuni. Event internasional menanti di depan mata. Tontonan pecinta olahraga yang biasa melihatnya dari layar kaca. Namun sekarang tidak lagi. Indonesia telah memiliki sirkuit bertaraf jempolan. Begitu juga dengan stadion membanggakan.

Sirkuit Mandalika, ya begitulah namanya. Dan satu lagi Jakarta Internasional Stadium (JIS). Dua arena ini terpapar di 2021. Salah satu pertanda 'Go' Indonesia Sport. Deru knalpot kuda-kuda besi bertarung Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bahkan pada hari ini, Jumat (19/11/2021) ajang balap internasional bertajuk World Supebike (WSBK) mulai digeber. Selain WSBK, Sirkuit Mandalika juga menyajikan Asia Talent Cup (ATC) 2021 yang berisi pebalap-pebalap muda berbakat dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kapasitas Grand Stand Seating Street Sirkuit Mandalika mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk. Sementara itu, non-seated area (tribune berdiri) sanggup menampung 138.000 orang. Sirkuit Mandalika menggunakan teknologi pengaspalan bernama Stone Mastic Asphalt (SMA). SMA adalah campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal.

Indonesia patut bangga memiliki sirkuit dengan teknologi tersebut. Sebab, saat ini, baru ada tiga sirkuit yang menggunakan teknologi SMA, yakni Silverstone di Inggris, Yas Marina di Abu Dhabi, dan Phillip Island di Australia.

Pemimpin klasemen WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha), melihat Sirkuit Mandalika sebagai trek yang menyenangkan untuk balapan.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan. Sirkuit Mandalika ini rencananya akan menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP musim 2022. Sirkuit ini pada awalnya direncanakan memiliki panjang 4,32 km dengan 19 tikungan, namun desain diperpendek menjadi 17 tikungan.
Menurut Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association, tikungan dikurangi karena faktor keamanan.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengkonfirmasi bahwa Sirkuit Mandalika akan menggelar MotoGP selama 3 musim, dari musim 2021 sampai 2023. Namun, MotoGP tidak jadi digelar pada 2021 karena pandemi Covid-19 dan ditunda hingga 2022.

Sirkuit Mandalika disponsori penuh Pertamina yang menggelontorkan dana sebesar 7 juta USD atau sekitar Rp100 miliar. Kontrak ini berlaku sampai tahun 2022.

Selain Mandalika, Jakarta Internasional Stadium (JIS) telah memasuki tahap 85 persen. Stadion multi-fungsi di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, ini mulai dibangun pada 2019. Stadion JIS dapat digunakan untuk pertandingan sepak bola, konser musik dan acara besar lainnya.

Stadion ini akan menampung kurang lebih 82.000 penonton, memiliki 3 tingkatan tribun. Seain itu terdapat tribun VIP, dan tribun untuk disabilitas. Stadion JIS dilengkapi dengan 2 lapangan latihan. Lapangan latih ini sudah memenuhi standar Internasional. Lapangan latihan JIS dilengkapi dengan 2 ruangan serbaguna, 4 ruang ganti pemain, 1 toilet laki-laki, 1 toilet perempuan, 4 buah wastafel, serta dilengkapi dengan tribun penonton.

Di area pendukung sekitar stadion akan dijadikan ruang publik dan terdapat plasa untuk shalat, dan di timur stadion juga dibangun area komersial untuk nantinya dijadikan biaya perawatan stadion serta terdapat pula urban farming di sekitar stadion untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, terutama warga Kampung Bayam.

Area stadion ini juga di harapkan akan menjadi pusat ekonomi baru diwilayah Jakarta, khususnya Jakarta Utara. Selain itu akan dibangun juga wisata air di area danau sunter utara yang terdapat jogging track disekitar danau serta akan dibangun masjid terapung.

Menariknya, pertandingan final International Youth Championship (IYC) 2021 akan menampilkan tiga klub besar dari Spanyol. Adalah Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona bakal menjajal lapangan JIS.

“Pertandingan besok dihadiri klub internasional dan satu klub Indonesia Selection All Stars U-20,” kata Anies Baswedan memastikan.

Ajang ini terdiri dari empat klub, yakni Real Madrid U-18, Atletico Madrid U-18, Barcelona U-18, dan Indonesia Selection U-20 yang berlaga pada final di JIS, 11 Desember 2021 juga sekaligus menandai peluncuran awal atau soft launching stadion kebanggaan warga Jakarta itu.

Nah, ingat Mandalika sirkuit internasional di Provinsi NTB itu, terbersit nama yang hampir mirip dengan salah satu suku di Sumatera Utara (Sumut). Yakni suku Mandailing. Pun sekedar plesetan, mungkinkah Sumut juga bisa punya sirkuit Mandailingka?

Dengan penambahan venue bertaraf internasional di Indonesia diharapkan bisa membangkitkan prestasi para atlet di bumi Ibu Pertiwi. Tak cuma bulu tangkis olahraga yang mengharumkan nama Indonesia, namun juga di sepakbola, balapan serta lainnya. SEMOGA.....

Penulis:

Baca Juga