Penampilan Elkan Bela Timnas Indonesia Dipuji Media Inggris

MEDANSPORT.ID - JAKARTA - Luar biasa. Itulah kata yang layak disematkan kepada pemian naturalisasi Timnas Indonesia, Elkan Baggott. Pujian mengalir dari sejumlah media Inggris setelah debut perdananya saat Timnas melawan Afghanistan.

Salah satu media di negeri Ratu Elisabeth tersebut yang memantau permainan Elkan yakni TWTD.co.uk. Dalam artikel berjudul “Baggott memenangkan caps internasional pertamanya”, bek 20 tahun itu dipuji habis-habisan oleh media tersebut.

Maksud dari judul tersebut memang agak rancu dengan hasil yang diterima Timnas Indonesia. Sekadar informasi, Timnas Indonesia tumbang 0-1 dari Afghanistan. Namun, jika ditelaah lebih dalam, maksud memenangkan di sini adalah permainan apik yang ditunjukkan bek berkaki kidal dalam laga debutnya bersama Timnas Indonesia.
Dalam laga tersebut, Elkan Baggott mentas sebagai starter dalam pola 4-2-3-1 racikan pelatih Shin Tae-yong. Pemain andalan Ipswich Town U-23 itu mentas sebagai bek tengah, berduet dengan Fachrudin Aryanto di jantung pertahanan.

Tak hanya jago menjaga area pertahanan, Elkan Baggott juga rutin melepaskan umpan. Bahkan umpan sukses Elkan Baggott masuk kategori luar biasa yang mencapai 200an. Berkat keberadaan Elkan Baggott, Afghanistan kesulitan merobek gawang Timnas Indonesia.

Sayangnya di menit 68, Elkan Baggott harus ditarik keluar setelah sebelumnya sempat bertabrakan dengan eks gelandang Persib Bandung, Farshad Noor. Elkan Baggott keluar dan Victor Igbonefo pun masuk.

Tak lama kemudian atau tepatnya 17 menit berselang, gawang Timnas Indonesia dibobol Omid Popalzay. Fakta di atas menunjukan pertahanan rapat nan terorganisir tercipta di jantung pertahanan Timnas Indonesia saat Elkan Baggott merumput.

Hal ini semakin menegaskan Elkan Baggott akan jadi andalan saat Timnas Indonesia turun di Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura per 5 Desember 2021.

“Pemain berusia 19 tahun itu tampil mengesankan dalam debut internasionalnya secara penuh. Namun, ia harus ditarik pada menit ke-68 setelah mengalami cedera,” tulis laman tersebut dalam artikel yang mereka buat.

Sekarang, Elkan Baggott dalam perjalanan pulang ke Ipswich untuk pemulihan cedera yang dialami. Nantinya, Elkan Baggott akan kembali ketika skuad Garuda turun di Piala AFF 2020. (oks/nt)

Penulis:

Baca Juga