Peparnas XVI Papua

Bupati Darma Wijaya Beri Bonus Atlet NPC Sergai Berprestasi

MEDANSPORT.ID - SERGAI - Empat atlet National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) yang berprestasi di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua, mendapatkan bonus dari Bupati H Darma Wijaya dan Wabup Sergai H Adlin Tambunan

Keempat atlet berprestasi itu di antaranya, Guntur yang juga Ketua NPC Sergai berhasil meraih medali perunggu di Cabor Panahan beregu. Disusul, Muammar Habibila peraih 3 medali perak untuk Cabor Atletik masing-masing dinomor lari 100 meter dan lari 200 meter serta lompat jauh.

Kemudian, Wagito Purnomo peraih 2 medali Perak untuk Cabor balap kursi roda jarak 800 meter dan 1.500 meter serta Anto Boy yang turut menyabet medali perak dari Cabor angkat berat. Pemberian bonus tersebut disampaikan Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, Anggota DPRD Sergai Rasdiaman Damanik, Ketua Umum dan Ketua Harian KONI Sergai Aspul A Lubis dan Sakaroni, Sekretaris KONI Sari Ganda Sinaga, Plt Kadisporaparbud Intan dan Kabid Pora M Dian Andika ketika menyambut kepulangan para atlet NPC Sergai dan pelatih Safruddin Sinaga, Selasa (16/11), di Kantor Bupati, Seirampah.

Bupati Darma Wijaya menyatakan, apresiasi ini diberikan karena keberhasilan para atlet NPC Sergai dinilai telah membawa nama baik Kabupaten Sergai untuk mewakili Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada ajang Peparnas ke XVI Papua. Hal ini tentunya merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pemkab mau pun masyarakat Sergai.

Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Sergai, lanjut bupati, pihaknya akan memberikan bonus ke para atlet NPC Sergai yang berprestasi meraih medali perak dan perunggu.

"Bagi peraih medali perak akan diberikan bonus dalam waktu dekat sebesar Rp 30 juta, medali perunggu Rp 25 juta serta Rp 10 juta bagi pelatih. Kemudian, para atlet juga akan kita berdayakan untuk menjadi tenaga honor di Pemkab Sergai," sebut Darma Wijaya.

Bupati juga menambahkan, bonus yang diberikan itu sejatinya merupakan bentuk pembinaan sebagai motivasi para atlet untuk mengukir prestasi yang lebih baik lagi ke depannya.

"Pemkab sangat mendukung program NPC Sergai. Ke depan, kita sama-sama berdoa di ajang Peparnas 2024 Sumut-Aceh, atlet NPC Sergai mampu meraih medali emas," pungkasnya seraya memberikan semangat kepada para atlet untuk terus berlatih.

Sebelumnya, Ketua NPC Sergai Guntur didampingi pelatih Safruddin Sinaga memberikan apresiasi atas penyambutan kepulangan mereka yang luar biasa dari Pemkab Sergai. Guntur mengakui, prestasi yang diraih pada ajang Peparnas XVI Papua tidak terlepas dari dukungan Pemkab Sergai, Pemprovsu dan KONI selama ini. Guntur pun mengucap syukur atas perhatian Pemkab Sergai. Di mana, Bupati dan Wabup sangat peduli terhadap atlet NPC.

Kendati demikian, sambungnya, ke depan sebagai upaya meraih prestasi yang lebih baik lagi, NPC Sergai masih berharap dukungan dari Pemkab Sergai, khususnya pada proses perekrutan atlet menghadapi PON 2024 di Sumut-Aceh.

Sementara itu, Ketua KONI Sergai Aspul A Lubis menyebutkan, meski NPC Sergai dalam komposisi kepengurusan setara dengan KONI Sergai, namun pihak KONI tetap terbuka memfasilitasi atlet-atlet NPC. Bahkan, pihaknya akan mengusulkan pemusatan latihan para atlet NPC Sergai di lokasi Kompleks Replika Istana Sultan Serdang, Perbaungan.

Pada kesempatan tersebut anggota DPRD Sergai Fraksi Hanura Rasdiaman Damanik juga menyampaikan apresiasi atas prestasi luar biasa yang diraih atlet-atlet NPC Sergai. "Prestasi yang diraih para atlet NPC diajang Peparnas XVI Papua ini kiranya menjadi motivasi bagi seluruh atlet di Sergai. Semoga, hal ini dapat menjadi perhatian khusus bagi DPRD Sergai," tandas Rasdiaman Damanik.

Amatan wartawan, usai menyambut kepulangan atlet NPC Sergai yang berprestasi di event Peparnas XVI Papua itu, Darma Wijaya dan Adlin Tambunan mengajak mereka untuk makan siang bersama serta memfasilitasi kepulangannya ke kediaman masing-masing.

Penulis: Darmawan
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga