*Porprovsu 2022

Renang Andalan Medan Tuai Medali Emas

MEDANSPORT.ID-MEDAN-- Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani mengatakan, cabor renang bakal menjadi andalan kota ini dalam meraup medali emas arena Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) yang digelar November tahun depan.

Hal itu dikatakan Eddy Sibarani saat menghadiri perlombaan cabor renang Piala Wali Kota Medan 2021 di Kolam Karos, Sabtu (6/11/2021) sore.

Dia menyebut renang bakal menjadi salah satu dari 20 cabor yang dipertandingkan di  Porprovsu 2022.

"Sebagai cabor baru dan menyediakan banyak medali, renang selayaknya menjadi salah satu cabor lumbung medali pada ajang multi event empat tahunan itu," katanya.

Ketua Umum KONI Medan menyebut, setelah sekian lama vakum, kompetisi olahraga termasuk cabor renang kembali dipertandingkan meski dengan menerapkan prokes cegah Covid-19 yang ketat.

"Piala  Wali Kota Medan 2021 yang telah dibuka langsung oleh Wali Kota Medan M. Bobby Afif Nasution mempertandingkan 9 cabor. Salah satunya renang yang kita harapkan berkontribusi untuk mempertahankan predikat juara umum Porprovsu yang selalu menjadi milik Kota Medan," ujarnya lagi.

"Tahun depan ada Porprovsu sebagai sarana seleksi atlet ke PON XXI Tahun 2024 di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh. Manfaatkan peluang tampil di PON di depan pendukung sendiri dengan menjadi juara di  Porprovsu. Karena dengan menjadi juara di Porprovsu maka adik-adik para atlet otomatis meraih tiket awal untuk tampil di PON," ungkap Eddy Sibarani.

"Terima kasih kepada Pengkot PRSI Medan yang telah menggelar Piala Wali Kota. Kita harapkan dari arena ini lahir atlet-atlet andal untuk seterusnya kita persiapkan untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional," sebut dia lagi.

Sementara itu, Ketua PRSI Medan H Sahriandi mengatakan cabor renang Piala Wali Kota Medan 2021 diikuti 140 atlet dari 13 klub renang yang berlomba di 30 nomor.

"Kita gembira dengan antusias peserta yang cukup besar, karena ajang Piala Wali Kota 2021 ini  kita jadikan seleksi untuk Porprovsu 2021. Atlet juara di sini juga akan kira saring untuk menjadi atlet binaan PRSI Medan," tutur H Sahriandi.

Tampil sebagai yang terbaik di  ajang Piala Wali Kota Medan 2021 adalah klub Tirta Prima yang mengoleksi medali terbanyak yakni 10 emas, 9 perak dan 8 perunggu. Sofie Swimming Gemilang di urutan kedua dengan raihan 8 emas, 4 perak, diikuti Atrena Medan Club yang meraih 6 emas, 8 perak, 2 perunggu.(*)

Penulis: Bayu Lubis
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga