KONI Medan: ‘Persambi, Potensi Emas PON XXI Aceh-Sumut’

MEDANSPORT.ID-MEDAN- Ketua Umum KONI Kota Medan Drs Eddy H Sibarani menyatakan bangga dan apresiasi kepada Pengkot Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kota Medan karena atlet-atletnya telah menuai prestasi nasional.

Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI Kota Medan ketika menerima audiensi pengurus Persambi Kota Medan dipimpin Ketua H Syaiful Bahri SSos MSP di aula Sekretariat KONI Medan, Teladan, Rabu (3/11/2021).

“Persambi Kota Medan relatif belum lama terbentuk, tetapi atletnya sudah mampu meraih medali emas saat pertandingan eksibisi PON XX Papua 2021 lalu. Hal ini tentu membanggakan kita, sekaligus memberi harapan agar menuai prestasi serupa ketika PON XXI digelar di Sumut Aceh pada 2024 nanti,” ucap Ketua Umum KONI Kota Medan.

Pada PON XX lalu, atlet sambo Sumut meraih 3 medali emas di mana 2 di antaranya dihasilkan melalui atlet Medan. Ketika menerima audiensi Eddy Sibarani didampingi Wakil Ketua II HT Daniel Mozard, Sekum H Suryadi SE MM dan Kabid Binpres Drs Bambang Riyanto. Sementara Ketua Persambi Medan didampingi Penasehat Eka Setia Wiryawan Siregar, Bendahara Sri Rezeki dan Rina, bersama tiga atlet peraih medali pada eksibisi PON XX Papua.

 “Di PON Papua cabor Sambo sudah meraih prestasi membanggakan dengan membawa pulang medali emas. Tentu kita yakin pada PON XXI yang berlangsung di depan pendukung sendiri bisa menuai hasil yang lebih baik,” ungkap Eddy Sibarani.

Ketua Persambi Kota Medan H Syaiful Bahri menyatakan,  pada PON XX Papua 2021, Persambi Sumut mengirimkan 6 atlet dengan membawa pulang 3 medali emas dan 1 perak. Dua dari tiga medali emas diraih atlet asal Medan  Willy Pratama (kelas 71 kg Putra) dan Ezlina Ramadini (kelas - 47 kg Putri) serta satu medali perak melalui Ayu Wulandari (- 50 kg Putri). Satu medali emas lagi diraih Andry Irwansyah Silaen (- 58 kg Putra).

“Sambo merupakan olahraga beladiri asal Rusia dan saat ini sudah sering dipertandingkan dalam berbagai event tingkat lokal, nasional maupun internasional. Olahraga ini juga dipertandingkan di level Asia dan Asean. Pada PON XXI Sumut Aceh yang akan digelar pada tahun 2024 nanti, sambo juga akan dipertandingkan,” sebutnya. (*)

Penulis: Bayu Lubis
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga