Ketua Kodrat Medan: “Satlat Tarung Derajat Wajib Terapkan Prokes”

MEDANSPORT.ID-MEDAN- Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait penekanan penyebaran virus Covid-19 dalam lingkungan masyarakat, Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Medan, Bobby Octavianus Zulkarnain SE, meminta seluruh satuan latihan (satlat) untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) bagi atlet yang berlatih.

"Meski pemerintah  Kota Medan sudah menurunkan status PPKM menjadi level 2  dari status level 4 sebelumnya, tapi kita meminta satlat yang ada, baik itu yang berada pada lingkup pendidikan sekolah maupun luar lingkungan sekolah untuk tetap konsisten menerapkan disiplin prokes", ujar Bobby Octavianus Zulkarnain di Medan, Senin (1/11/2021)

Pria berkaca mata ini menuturkan penekanan juga dilakuka terhadap satlat dalam penerapan protokol kesehatan, penyediaan tempat mencuci tangan wajib tersedia agar atlet yang hadir berlatih, mencuci tangan terlebih dahulu.

"Wajib memakai masker saat datang ke satlat-satlat serta menjaga jarak saat melakukan pemanasan ataupun ketika berlatih dengan tidak menggunakan kontak fisik menjadi acuan yang diarahkan agar atlet yang ada tetap steril dari paparan covid-19," harapnya.

Diungkapkan pria yang baru sukses mensuport atlet terbaiknya Farhan A meraih medali emas PON XX Papua ini lagi, sejak dilantik memimpin Kodrat Medan, fokus program yang dijalani adalah pembenahan dan pendataan satlat-satlat.

Dan dikarenakan Pandemi Covid-19 masih terjadi, pihaknya menambahkan program 5 M dan peyediaan lokasi mencuci tangan, sebagai tindaklanjut anjuran pemerintah. 

"Artinya dalam posisi dan situasi turun naiknya kasus covid-19, Kodrat Kota Medan sebagai penyambung lidah Koni Medan turut berjibaku dalam menekan sekaligus memerangi wabah corona yang masih melanda tanah air saat ini,"kata Bobby.

Lebih jauh Bobby menyebutkan, sejak meledaknya Covid Maret 2020 hingga Oktober 2021, sejumlah atlet dari seluruh cabang olahraga pasti ada yang terpapar ataupun terjangkit virus tersebut. Untuk itu, guna menghalau masuknya wabah ke arena latihan atlet-atlet yang dibina, Kodrat Medan tidak pernah bosan untuk memberikan himbauan ataupun arahan penting tentang pentingnya membersihkan diri mulai dari sebelum berangkat berlatih, saat mengikuti prosedur latihan hingga saat pulang dan berkumpul dengan keluarga di rumah.

"Untuk itu, dalam posisi dimanapun dan kapanpun, pola saling mengingatkan untuk hidup bersih dengan penerapan program 5M selalu bersama-sama kami gelorakan,"tutup Bobby. (*)

Penulis: Bayu
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga