KPOTI Sumatera Utara

Bentuk Pangkotrad di Wilayah Toba, KPOTI Berkomitmen Wujudkan Toba Menjadi Wisata Dunia dengan Budaya

"BPIP sangat mengapresiasi gerakan yang dipelopori oleh KPOTI Sumut dalam membumikan permainan rakyat dan olahraga tradisional, BPIP tentunya akan mendukung penuh upaya ini dan akan terus berkolaborasi dengan KPOTI dengan menghadirkan Panca Main Indonesia yang saat ini sedang kita sosialisasikan bersama dilingkup pendidikan, institusi pemerintahan dan lembaga kemasyarakatan. Dengan cara ini kita akan mempopulerkannya kembali sebagai alat pendidikan karakter dan menumbuhkan kembali kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan negara". Ungkapnya.

"Bahwa dengan kearifan lokal yang ada dan khasanah budaya yang masih melekat melalui permainan tradisional kita mampu menjadi masyarakat yang sehat dan tangguh, menjadi sarana penguat ekonomi, serta menjaga nila-nilai dan karakter dari permainan tradisional yang didalamnya terdapat nilai luhur. Ini pekerjaan yang tidak mudah, akan tetapi kita harus tetap optimis dengan keberagaman yang kita miliki kita mampu membentuk strategi agar permainan tradisional ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan membangun kesamaan, keunikan dari masing-masing daerah tanpa membedakan etnis budaya. karena pada hakikatnya permainan tradisional memiliki nilai yang baik untuk saling bekerjasama menolong dan saling menghargai," ungkapnya.

Apresiasi

Sementara itu, Ketua KPOTI Kab. Toba Arief Titi Penda Sitorus menyatakan "Masyarakat Toba sangat berterimakasih dan mengapresiasi KPOTI Sumut yang telah memilih Kabupaten Toba menjadi wadah pengembangan pemajuan kebudayaan dengan membentuk Pangkotrad di Kabupaten Toba dan Kab. Sekitarnya.

"Kami KPOTI Toba siap untuk menggaungkan kembali permainan tradisional ini hingga ke pelosok desa yang ada diwilayah toba, kami menyadari bahwa permainan tradisional ini pelestarianya sudah hampir punah. Maka dengan hadirnya Pangkotrad kami optomis mampu mewariskan kembali nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang ada di Toba kepada generasi penerus kita di tengah-tengah arus globalisasi," imbuhnya.

Rangkaian kegiatan Pangkotrad juga diwarnai dengan Menyematkan Ketua TP PKK Kabupaten Toba menjadi Bunda Permainan Tradisional. Ketua TP PKK yang diwakili oleh Sekretaris TP PKK Ibu Bintang Sitinjak merasa terharu dan berterimakasih kepada KPOTI SUMUT dan KPOTI Toba, yang telah menggandeng TP PKK Toba dalam menyelamatkan genarasi muda serta membuat pojok bermain anak di desa-desa. "TP PKK Toba pastinya mendukung dan siap bekerjasama dengan KPOTI dalam usaha kita bersama menyelamatkan generasi kita dari bahaya narkoba, kecanduan bermain gadget, serta kenakalan remaja yang saat ini sudah sulit dibendung. Tentu kami Optimis dengan hadirnya Kpoti kami akan terbantu dan ini menjadi tanggung jawab kami untuk memberikan dukungan kepada Kpoti dengan merancang program kemitraan bersama.

Pengurus KPOTI Pusat yang diwakili oleh Kabid Hubungan Internasional, Sari Madjid menggungkapkan KPOTI Sumatera Utara adalah salah satu dari 34 provinsi yang paling berjaya dan bergerak paling serius, bikin kami bangga.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Joko Heriyanto
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga