*PON XX Papua 2020

Ayo..!!! Sumut Kamu Pasti Bisa

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX telah resmi dibuka Presiden Joko Widodo, Sabtu (2/10/2021). Dengan demikian event nasional empat tahunan itu kian menampilkan 'wajah' para atletnya. Tak terkecuali kontingen Sumatera Utara (Sumut).

Satu persatu target mulai diraih. Seperti halnya Cabor Sepatu Roda, Wushu dan Taekwondo yang telah mempersembahkan medali untuk daerah kebanggaannya itu. Hingga Minggu (3/10/2021), kontingen Sumut kembali beranjak ke peringkat 8 klasemen sementara.

Dengan torehan 2 emas, 4 perak dan 2 perunggu. Pun begitu, masih banyak cabor olahraga yang menjadi pundi-pundi medali menuju medio Oktober penutupan PON XX Papua tersebut. "Walau lambat panas tapi pasti," ulas redaksi MEDANSPORT.ID.

Bahkan, MEDANSPORT.ID optimismis Sumut bangkit dengan torehan medali yang diharapkan. Apalagi sejumlah pertandingan belum digelar. "Ayo..!!! Sumut kamu pasti bisa," ujar kru MEDANSPORT.ID memberi semangat para atlet yang menjadi duta olahraga Sumut tersebut.

Seperti diketahui, dua emas dari cabor Wushu Sumut mencatatkan nama Harris Horatius dan Juwita Niza Wazni di GOR Futsal Dispora Merauke, Papua. Selain meraih dua  medali emas, Wushu Sumut juga mendapat tambahan satu medali perunggu melalui Wilbet Sanjaya dari nomor kombinasi Jian Shu dan Qiang Shu total poin 19,24.

Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis yang melihat langsung ke Papua mengucapkan terima kasih kepada kedua atlet Wushu itu. "Wushu mengawali peroleh medali emas bagi warga Sumut. Dan kita berharap emas yang dipersembahkan dari Wushu tetap berlanjut," imbuhnya.

Tak hanya Wushu yang telah memperlihatkan tajinya saat ini. John Ismadi Lubis juga berharap emas dari cabor Wushu bisa memicu semangat serta motivasi para atlet perwakilan 33 kabupaten/kota tersebut. Sumut kembali berhasil menambah pundi-pundi medali mereka. Kali ini dari cabang taekwondo, lewat atlet putri Oppy Danena Ginting yang meraih medali perak .

Berlaga di Gedung Serbaguna Hena Taje Polteknik Penerbangan, Jayapura, di kelas putri under 73 kg, Oppy di partai final harus mengakui keunggulan atas atlet dari Jawa Tengah, Dinda, dengan skor 22-17. Pelatih Taekwondo Sumut, Basuki Nugroho mengatakan, medali perak yang diraih Oppy sudah maksimal. Sebab lawannya adalah atlet Pelatnas.

Perolehan medali sementara masih diduduki kontingen DKI Jakarta dengan 28 emas, 15 perak, 20 perunggu. Diikuti Papua, 17 emas, 5 perak, 13 perunggu. Selanjutnya Jawa Barat, 11 emas, 15 perak, 25 perunggu. Dan akhirnya Sumut yang bertengger di posisi 8 bersama 2 emas, 4 perak, 2 perunggu. (Dollar Parinduri)

Penulis:

Baca Juga