KPOTI Sumatera Utara

Perkuat Ketahanan Budaya KPOTI Sumut Bentuk PANGKOTRAD di 5 Zona

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Tim Pembentukan Pangkalan Olahraga Tradisional (PANGKOTRAD ) yang telah dibentuk KPOTI Sumut secara resmi dilepas. Tim ini akan ditempatkan di 5 zona Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Yakni, Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Toba, Kota Padangsidimpuan dan Labuhanbatu Selatan.

Pelepasan itu sendiri langsung dipimpin Ketua Umum KPOTI Sumut, Agustin Sastrawan Harahap di ruang kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Rabu (29/9/2021).

"Jadi, hadirnya tim Pangkotrad ini akan membantu dan mendukung program pemerintah dalam upaya pemajuan kebudayaan. Nantinya KPOTI Sumatera Utara akan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota hingga ke pemerintahan desa," terang Agustin Sastrawan yang Juga Dosen FIK Unimed ini.

Dia menambahkan, kehadiran KPOTI di lima kabupaten/Kota bertujuan membentuk pangkalan olahraga tradisional di 250 desa yang dalam pelaksanaannya juga melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, pegiat budaya, pendamping desa dan seluruh komunitas yang ada dilingkup masyarakat sebagaimana tertuang dalam Pasal 5 Bab I, UU No 5 Tahun 2017, tentang Pemajuan Kebudayaan," imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut, Zumri Sulthony S.Sos berharap kiprah KPOTI di Sumut khususnya di kabupaten/kota semakin memperluas peran dan bergerak mengajak masyarakat mencintai budaya bangsa salah satunya dengan turut melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradsional khas Indonesia.

"Kami berharap KPOTI bisa masuk ke sendi-sendi di 33 kabupaten/kota, sehingga mampu merangkul semuanya. Ya, dengan maksud agar budaya tradisional khususnya olahraga tradisional bisa semakin kuat di tanah air khususnya di wilayah Sumatera Utara," kata Zumri.

Menurut Zumri, bahwa kehadiran tim PANGKOTRAD yang dibentuk KPOTI itu dengan tujuan melestarikan kebudayaan melalui permainan rakyat dan tradisional. "Dan kita optimis KPOTI akan ada di seluruh kabupaten/kota di Sumut," sahut Zumri.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga