LIVE SCTV SELASA MALAM PUKUL 23.45 WIB

Shaktar Donetsk VS Inter Milan: Wajib Petik Angka…

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Inter Milan menantang Shakhtar Donetsk dalam laga fase Grup D Liga Champions, Selasa (28/9/2021) malam WIB. Pertandingan di NSC Olimpiyskiy ini dijadwalkan kick-off 23:45 WIB.

Inter saat ini tengah mengincar kemenangan perdana pada ajang Liga Champions. Pasalnya, mereka memulai kompetisi ini dengan kekalahan. Pasukan Simone Inzaghi sebelumnya takluk 0-1 dari tamunya Real Madrid di Giuseppe Meazza. Gol kemenangan Los Blancos dicetak oleh Rodygo.

Inter datang ke pertandingan ini dengan hasil yang kurang memuaskan di kompetisi Serie A. La Beneamata bermain imbang 2-2 melawan tamunya Atalanta.

Untuk lawan mereka, Shakhtar punya modal yang bagus sebelum menerima kunjungan Inter. Tim asuhan Roberto De Zerbi tersebut menang 4-1 atas Veres Rivne di Liga Primer Ukraina.

Inter di atas kertas punya materi pemain jauh lebih lebih baik. Namun, Samir Handanovic dan kolega tak bisa menganggap enteng Shakhtar.

Secara statistik, Inter Milan yang memiliki materi pemain lebih baik, diunggulkan meraih kemenangan. Namun, Samir Handanovic dan kolega tak bisa menganggap enteng Shakhtar Donetsk.

Berdasarkan rekor head to head (H2H) Nerazurri lebih diunggulkan meski pun harus bertandang ke Ukraina. Namun, Inter punya pengalaman buruk di fase grup UCL. Pasalnya, dalam 3 musim terakhir, kubu Giuseppe Meazza belum pernah lolos ke 16 besar Liga Champions.

Sang juara Liga Italia memiliki poin 0, sama dengan Shaktar Donetsk. Sementara itu, permulaan Shakhtar Donetsk di Liga Champions musim ini tidak kalah buruk. Wakil Ukraina itu justru tumbang di matchday pertama saat menghadapi tim terlemah di Grup D, Sheriff Tiraspol (Moldova).

Hasil itu membuat peluang Shakhtar lolos ke fase knock out menjadi kecil. Shakhtar Donetsk dan Inter Milan bakal berusaha untuk meraih kemenangan pertama di Liga Champion 2021/2022. Kedua tim sama-sama punya modal mewujudkan asa tersebut.

Bagi CEO Shakhtar Donetsk, Sergei Palkin, melawan Internazionale adalah tantangan tersendiri. Pasalnya, Nerazzurri tampak memainkan sepakbola paling baik di antara tim Grup D.

"Mereka menjual Lukaku, lantas membeli beberapa pemain hebat. Dibandingkan Real Madrid, saya lebih suka Inter. Saat ini, Inter terlihat paling baik (di antara tim Grup D) dalam urusan permainan. Mereka melangkah maju dan menunjukkan sepak bola apik," kata Palkin dikutip laman resmi Shakthar.

Duel kontra Atalanta menunjukkan kegigihan Inter yang baru bisa menyamakan kedudukan 19 menit jelang laga berakhir. Namun, catatan hanya sekali clean sheet dalam 7 laga kompetitif musim ini jadi catatan tersendiri.

Selain itu faktor konsentrasi juga penting. Internazionale tidak memiliki waktu istirahat yang lama karena harus menghadapi Shakhtar Donetsk hanya 3 hari setelah jumpa La Dea. "Kami harus mengembangkan konsistensi dalam permainan. Sekarang kami punya laga tandang yang berat di Liga Champions, jadi kami harus bermain dengan gaya kami sendiri untuk membawa pulang 3 angka," kata penyerang Inter, Lautaro Martinez dikutip laman resmi klub.

Catatan MEDANSPORT.ID

Inter Milan memang diunggulkan pada laga nanti malam melawan Shakhtar Donetsk. Namun jangan silap bahwa Shakhtar Donetsk juga berkeinginan menang. Apalagi mereka bermain di kandang sendiri.

Dalam 2 pertandingan yang dijalani kedua tim selalu berakhir imbang tanpa gol. Namun, Inter Milan mencatat 2 kali menang atas Shakhtar Donetsk dalam 5 pertemuan terakhir kedua tim. 2 kemenangan tersebut terjadi pada Liga Eropa 2019/2020 dan Liga Champion 2005/2006.

Inter mencatatkan clean sheet dalam 3 pertandingan terakhirnya melawan Shakhtar di semua kompetisi. Inter tidak terkalahkan dalam 5 pertandingan terakhirnya melawan Shakhtar di semua kompetisi.

Sejumlah pengamat menyebut pertandingan nanti merupakan laga ketat. Walau angka kemenangan lebih kepada Inter Milan dengan 40 persen, Shakhtar Donetsk 35 persen dan hasil imbang 25 persen. (int/sumber)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Pyatov; Ismaily, Matvienko, Santos, Dodo; Maycon, Antonio; Bonfim, Patrick, Tete, Traore. (Pelatih: Roberto De Zerbi).

Inter Milan (3-5-2): Handanovic; Skriniar, Vrij, Bastoni; Darmian, Barella, Brozovic, Calhanoglu, Perisic; Dzeko, Lautaro. (Pelatih Simone Inzaghi).

HEAD TO HEAD:
Pertemuan: 5
Shakhtar Donetsk menang: 0
Gol Shakhtar Donetsk: 1
Imbang: 3
Inter Milan menang: 2
Gol Inter Milan: 8.

5 PERTEMUAN TERAKHIR:
10/12/20 Inter Milan 0 - 0 Shakhtar Donetsk (UCL)
28/10/20 Shakhtar Donetsk 0 - 0 Inter Milan (UCL)
18/08/20 Inter Milan 5 - 0 Shakhtar Donetsk (UEL)
25/08/05 Inter Milan 1 - 1 Shakhtar Donetsk (UCL)
11/08/05 Shakhtar Donetsk 0 - 2 Inter Milan (UCL)

5 PERTANDINGAN TERAKHIR SHAKHTAR DONETSK:
11-09-21 Shakhtar Donetsk 2-0 Dnipro-1 (PRL)
15-09-21 Sheriff 2-0 Shakhtar Donetsk (UCL)
18-09-21 Mariupol 0-5 Shakhtar Donetsk (PRL)
23-09-21 Shakhtar Donetsk 3-0 Dinamo Kiev (SUC)
25-09-21 Shakhtar Donetsk 4-1 Veres Rivne (PRL)

5 PERTANDINGAN TERAKHIR INTER MILAN:
12-09-21 Sampdoria 2-2 Inter (Serie A)
16-09-21 Inter 1-0 Real Madrid (UCL)
18-09-21 Inter 6-1 Bologna (Serie A)
22-09-21 Fiorentina 1-3 Inter (Serie A)
25-09-21 Inter Milan 2-2 Atalanta (Serie A)

STATISTIK:
SHAKHTAR DONETSK Menang: 35%
Imbang: 25%
INTER MILAN Menang: 40%
SKOR: 0 - 1 (0 : 1/4)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga