LIGA CHAMPIONS GRUP A KAMIS DINI HARI PUKUL 02.00 WIB

Man City VS RB Leipzig: Jumpa Perdana di UEFA

MEDANSPORT.ID - MEDAN- Sejak musim 2013/14, City selalu lolos ke fase gugur Liga Champions. Tapi, kali ini posisi teratas jauh dari jaminan. Maklum, ada Paris Saint-Germain-nya Lionel Messi.

Maka, kemenangan kandang atas Leipzig pada laga pembuka menjadi wajib. Tercatat, ini menjadi pertemuan pertama kedua tim. Manchester City akan menjamu RB Leipzig pada laga perdana Grup A Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis (16/9/2021) sekira pukul 02.00 WIB, dini hari.

Sejauh ini Leipzig tidak benar-benar melakukan perjalanan ke Manchester dengan oke. Apalagi City tidak terkalahkan dalam 17 laga terakhir di fase grup sejak September 2018. Bahkan, seorang pelatih yang mengakui bahwa timnya mungkin tidak siap untuk pertandingan berikutnya bukanlah pertanda baik, tapi itu adalah kata-kata yang diucapkan oleh Marsch pasca-awal buruk timnya berlanjut dalam kekalahan dari Bayern.

City menikmati awal musim yang jauh lebih unggul. The Citizens akan menyelesaikan laga ini dengan meyakinkan. Musim lalu, sang tuan rumah kalah pada rintangan terakhir dari Chelsea. Sementara Leipzig disingkirkan Liverpool sejak babak 16 besar.

Menuju laga ini, kedua tim juga beda nasib di liga masing-masing. City menang dalam tiga laga berentet tanpa kebobolan dengan mencetak 11 gol. Sedangkan runner-up Bundesliga musim lalu tercecer di urutan ke-12 dengan tiga kekalahan dari empat laga.

Terbaru, skuad arahan Pep Guardiola mampu paksakan kemenangan atas Leicester. Modal jelek bagi Leipzig, Dani Olmo baru dipermalukan Bayern Munich arahan mantan pelatih mereka, Julian Nagelsmann, dengan skor 4-1.

Kevin De Bruyne dan Phil Foden bisa lakoni ‘comeback’ pasca-cedera dan telah berada di bangku cadangan dalam laga kontra Leicester. City cuma menyisakan kiper Zack Steffen yang absen imbas positif Covid-19. Sementara Benjamin Mendy telah ditahan setelah didakwa melakukan pemerkosaan dan penyerangan seksual.

Untuk itu pelatih RB Leipzieg Jesse Marsch bakal melakukan perubahan seusai timnya ditekuk Bayern. Amadou Haidara dan Emil Forsberg kemungkinan diturunkan sejak menit pertama. Angelino, Dani Olmo, dan Andre Silva ditarik lebih awal pada laga tersebut untuk menjaga kebugaran jelang pertandingan ini.

Nah, banyak prediksi menyebut bahwa RB Leipzeig tak akan mampu berbuat banyak. Tentu saja karena performa terakhir yang bertolak belakang.

Menilik hal itu, memang sulit membayangkan anak-anak asuh Jesse Marsch membuat kejutan di Stadion Etihad. Apalagi, Die Roten Bullen hanya 1 kali menang di tanah Inggris, sementara The Cityzens justru hanya 1 kali kalah di kandang dari wakil Jerman.

Tak bisa disangkal, butuh segudang keberuntungan bagi Leipzig untuk mencuri poin dari Man. City. Kemungkinan kalah jauh lebih besar. Bahkan, prediksi beberapa situs ternama menyebutkan The Cityzens akan mencetak setidaknya 3 gol.

Manchester City dan Leipzig belum pernah bertemu di kompetisi klub UEFA. Ini akan menjadi pertemuan perdana mereka. Mengingat persaingan yang berat, Manchester City maupun Leipzig pasti sama-sama mengincar start terbaik. Namun, harus diakui, tuan rumah dengan skuad mahalnya tentu lebih difavoritkan di laga nanti.

Catatan MEDANSPORT.ID

Manchester City selalu menang dalam 7 laga kandang terakhirnya melawan klub-klub Jerman. Rekor kandang Manchester City melawan klub-klub Jerman. Manchester City selalu clean sheet (tak kebobolan) dalam 3 laga terakhirnya.

Di Bundesliga akhir pekan kemarin, Leipzig kalah 1-4 menjamu Bayern Munchen. Leipzig hanya mengumpulkan 3 poin dalam 4 pertandingan yang sudah mereka mainkan di Bundesliga musim ini.
Rekor tandang RB Leipzig melawan klub-klub Inggris.

The Cityzens tak kalah dalam 13 kesempatan terakhir menghadapi wakil Jerman (12 menang, 1 seri). Mereka memenangi 8 kesempatan terakhir.
Di kandang sendiri, The Cityzens hanya 1 kali kalah dari klub Jerman (10 menang, 2 seri).

Man City selalu mencetak setidaknya 2 gol dalam 7 kesempatan terakhir menjamu wakil Jerman. Phil Foden mencetak gol dalam 2 laga terakhir Man. City lawan klub Jerman, sedangkan Kevin De Bruyne selalu mencetak gol dalam kesempatan terakhir menjamu wakil Jerman.
Leipzig tak pernah imbang saat menghadapi wakil Inggris (3 menang, 3 kalah).

Melihat kondisi pertemuan perdana kedua tim ini, pecinta sepakbola tetap optimis Man City unggul besar. Yakni dengan kemenangan sekira 55 persen. Untuk RB Leipzeig sendiri hanya memperoleh 25 persen dengan angka imbang 20 persen. (int/sumber)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Dias, Stones, Walker; Gundogan, Rodri, De Bruyne; Sterling, Torres, Mahrez. (Pelatih: Josep Guardiola).

RB Leipzig (4-2-3-1): Gulasci; Angelino, Simakan, Orban, Klostermann; Adams, Haidara; Nkunku, Forsberg, Szoboszlai; Andre Silva. (Pelatih: Jesse Marsch).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR MAN CITY:
07-08-21 Leicester 1-0 Manchester City (CS)
15-08-21 Tottenham 1-0 Manchester City (EPL)
21-08-21 Manchester City 5-0 Norwich (EPL)
28-08-21 Manchester City 5-0 Arsenal (EPL)
11-09-21 Leicester 0-1 Manchester City (EPL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR RB LEIPZIG:
07-08-21 Sandhausen 0-4 Leipzig (DFB Pokal)
15-08-21 Mainz 1-0 Leipzig (Bundesliga)
21-08-21 Leipzig 4-0 Stuttgart (Bundesliga)
29-08-21 Wolfsburg 1-0 Leipzig (Bundesliga)
11-09-21 Leipzig 1-4 Bayern Munchen (Bundesliga).

STATISTIK:
MAN CITY Menang: 55%
Imbang: 20%
RB LEIPZIG Menang: 25%
SKOR: 2-0 (0 : 1/1/4)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga