LIVE SCTV KAMIS DINI HARI PUKUL 02.00 WIB

Liverpool VS AC Milan: Duel Klasik Ranah Eropa

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Liverpool bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu AC Milan pada matchday 1 Grup B Liga Champions 2021/22, Kamis (16/9/2021) sekira pukul 02.00 WIB di Anfield Stadion.

Dua tim ini memiliki sejarah panjang dan nama besar di Eropa. Liverpool merupakan pemilik enam titel European Cup/Champions League, sedangkan Milan adalah pemegang tujuh gelar juara.

Meski begitu, Liverpool dan Milan baru pernah bertemu dua kali, dan semuanya di partai final. Istanbul 2005 menjadi ajang comeback fenomenal Liverpool, sedangkan Athena 2007 menjadi ajang pembalasan bagi Milan.

Musim ini, setelah sempat absen selama tujuh tahun, Milan kembali ke Liga Champions berkat kesuksesan finis peringkat dua di Serie A musim lalu. Milan diundi masuk grup berat bersama Atletico Madrid, Porto, dan Liverpool.

Musim ini, setelah absen selama tujuh tahun, AC Milan kembali ke Liga Champions berkat kesuksesan finis di peringkat kedua di Serie A musim lalu. AC Milan diundi masuk grup berat bersama Atletico Madrid, Porto, dan Liverpool.

Baik Liverpool maupun AC Milan sama-sama mengusung performa yang meyakinkan. Liverpool belum tersentuh kekalahan hingga pekan keempat Premier League musim ini, termasuk kemenangan 3-0 atas Leeds United pada akhir pekan lalu. Sementara AC Milan meraih poin sempurna dalam tiga pertandingan pertama Serie A musim ini.

Anfield akan menjadi saksi reuni dua klub besar ini di panggung prestise Eropa. Wajah kedua klub sudah berubah total sejak pertemuan terakhir keduanya, apalagi Milan pun sudah sangat lama tidak berkompetisi di Liga Champions, yakni terakhir kali pada 2013/14.

Dengan performa yang sangat baik di kompetisi domestik masing-masing, menarik untuk melihat siapa yang akan tampil lebih dominan di Anfield dalam laga pertama Grup B Liga Champions ini, apakah Liverpool atau AC Milan?

Catatan MEDANSPORT.ID

Liverpol dan Milan sama-sama mengusung form yang menyakinkan. Di Premier League musim ini, pasukan Jurgen Klopp belum tersentuh kekalahan hingga pekan ke-4. Akhir pekan kemarin, mereka mengalahkan tuan rumah Leeds United 3-0 lewat gol-gol Sadio Mane, Fabinho, dan Mohamed Salah.

Sementara itu, Anak-anak asuh Stefano Pioli masih sempurna hingga pekan ke-3. Terkini, mereka meremukkan tim tangguh Lazio 2-0 melalui gol-gol Rafael Leao dan Zlatan Ibrahimovic yang kembali dari cedera.

Sayang sekali pada laga ini AC Milan tidak bisa diperkuat oleh Zlatan Ibrahimovic yang terkonfirmasi cedera setelah partai lanjutan Serie A kontra Lazio. Hal serupa turut dialami oleh Rade Krunic di posisi gelandang. Namun, Olivier Giroud sudah pulih dari Covid-19, meski diragukan langsung tampil sebagai starter karena pertimbangan kebugaran si pemain.

Formasi 4-2-3-1 masih jadi andalan Stefano Pioli dengan di sentral pertahanan bakal mengandalkan duet Alessio Romagnoli serta Fikayo Tomori. Brahim Diaz akan jadi pendukung lini serang di belakang striker, yang kemungkinan akan dihuni oleh Ante Rebic dengan mempertimbangkan Giroud masih belum sepenuhnya bugar untuk main penuh.

Franck Kessie tetap menjadi pilihan utama di barisan gelandang, namun Sandro Tonali yang biasanya menjadi pasangan poros ganda Kessie hanya menyaksikan sesi latihan resmi di Anfield. Tidak diketahui sebabnya, tapi bisa jadi Tonali tidak dalam kondisi baik begitu skuad tiba di Inggris.

Pada pertandingan kali ini, sejumlah pengamat masih menjagokan Liverpool. Apalagi bermain di kandangnya sendiri. Diprediksi Liverpool menang sekira 40 persen, sedangkan Inter Milan hanya 25 persen. Sementara hasil imbang 35 persen. (int/sumber)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Thiago, Fabinho, Henderson; Mane, Jota, Salah. (Pelatih: Jurgen Klopp).

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Hernandez, Romagnoli, Tomori, Calabria; Kessie, Tonali; Leao, Diaz, Saelemaekers; Ibrahimovic. (Pelatih: Stefano Pioli).

HEAD TO HEAD:
Pertemuan: 2
Liverpool menang: 0
Gol Liverpool: 4
Imbang: 1
AC Milan menang: 1
Gol AC Milan: 5.

2 PERTEMUAN TERAKHIR:
24-05-2007 Milan 2-1 Liverpool (UCL)
26-05-2005 Milan 3-3 Liverpool (UCL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR LIVERPOOL:
10-08-21 Liverpool 3-1 Osasuna (Friendly)
14-08-21 Norwich 0-3 Liverpool (EPL)
21-08-21 Liverpool 2-0 Burnley (EPL)
28-08-21 Liverpool 1-1 Chelsea (EPL)
12-09-21 Leeds 0-3 Liverpool (EPL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR AC MILAN:
08-08-21 Madrid 0-0 Milan (Friendly)
15-08-21 Milan 2-1 Panathinaikos (Friendly)
24-08-21 Sampdoria 0-1 Milan (Serie A)
30-08-21 Milan 4-1 Cagliari (Serie A)
12-09-21 Milan 2-0 Lazio (Serie A).

STATISTIK:
LIVERPOOL Menang: 40%
Imbang: 35%
INTER MILAN Menang: 25%
SKOR: 2-1 (0 : 1/2)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga