LIGA CHAMPIONS LIVE SCTV SELASA MALAM PUKUL 23.45 WIB

Young Boys VS MU: Come Back…

1235184166

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Manchester United (MU) akan main tandang melawan Young Boys pada matchday 1 Grup F Liga Champions 2021/22, Selasa (14/9/2021) malam. Pertandingan di Stadion Wankdorf (Bern, Swiss) ini dijadwalkan kick-off 23:45 WIB.

Dan ini merupakan penampilan pertama Ronaldo di Liga Champions bersama tim Manchester Merah. Terakhir kali ia tampil di panggung utama Eropa bersama klub penghuni Old Trafford itu terjadi pada Mei 2009.

Petualangan Setan Merah di Eropa akan dimulai di Swiss, dengan mereka harus melawan tuan rumah Young Boys. Setelah menang 4-1 atas Newcastle United pada akhir pekan kemarin, fokus Manchester United bergeser ke Eropa dengan mereka diharuskan bertandang ke Swiss untuk jumpa Young Boys.

Young Boys tentu tidak bisa dianggap enteng mengingat mereka juga memulai kompetisi Liga Super Swiss dengan solid, mengumpulkan delapan poin dari lima pertandingan. Mereka terakhir menggasak klub raksasa FC Zurich lewat skor telak 4-0 pada Sabtu kemarin, dan itu jelas menjadi suntikan semangat saat meladeni Setan Merah.

Meski begitu, United arahan Ole Gunnar Solskjaer tetap diunggulkan di partai ini, apalagi mereka memiliki Cristiano Ronaldo yang di debut keduanya kemarin mengemas brace. Bintang Portugal itu kemungkinan akan kembali diandalkan di Stadion Wankdorf.

Young Boys kalah dua kali di dua pertemuannya kontra Manchester United di ajang Liga Champions, semuanya terjadi di babak grup musim 2018/19.

Sementara itu, United hanya mampu memenangkan 50 persen pertemuannya di Liga Champions melawan wakil dari Swiss, dengan semua pertandingan berlangsung di babak grup - baik itu melawan Basel atau Young Boys.

Pasukan Ole boleh percaya diri menyambut laga ini sebagaimana mereka baru merasakan satu kekalahan di matchday perdana dalam 21 musim terakhir di kompetisi elite Eropa. Mereka memiliki rekor 13 kali menang dan tujuh hasil imbang, selagi satu-satunya kekalahan tersebut terjadi melawan PSV (2-1) saat masih dikomando Louis van Gaal.

Jika diturunkan di partai ini, penyerang gaek United Ronaldo bakal menyamai rekor penampilan terbanyak di Liga Champions milik mantan rekan setimnya sewaktu di Real Madrid Iker Casillas (177 pertandingan).

Selain itu, bintang internasional Portugal tersebut merupakan topskor di kompetisi ini dengan 134 gol, di mana 15 di antaranya ia cetak selama periode pertamanya bersama Setan Merah antara 2003 dan 2009.

Ada beberapa pemain Young Boys yang perlu diwaspadai oleh barisan pertahanan MU. Termasuk di antaranya adalah Christian Fassnacht, Michel Aebischer, dan Meschack Elia yang membawa timnya menang 4-0 atas FC Zurich di Swiss Super League akhir pekan kemarin, juga Jordan Siebatcheu yang merupakan top skor sementara Young Boys di semua kompetisi musim ini.

Young Boys dan MU sebelumnya baru pernah bertemu di fase grup Liga Champions 2018/19. MU menang tandang dan kandang, mencetak total empat gol dan tanpa kebobolan.

Pada matchday 1 di Bern waktu itu, MU menang 3-0 lewat dua gol Paul Pogba dan satu gol Anthony Martial. Pada matchday 5 di Old Trafford, MU menang tipis 1-0 lewat gol tunggal Marouane Fellaini menit.

Catatan MEDANSPORT.ID

Young Boys setidaknya kehilangan lima pemain saat membuka babak grup Liga Champions melawan tamunya dari Inggris, Manchester United. Fabian Lustenberger, Jean-Pierre Nsame, Esteban Petignat, Joel Monteiro dan Nico Mainer semuanya absen untuk tim tuan rumah karena cedera.

Scott McTominay dan Edinson Cavani masih diragukan kondisinya, meski nama terakhir mungkin akan disimpan tenaganya untuk laga akhir pekan melawan West Ham.

Marcus Rashford, Alex Telles, Dean Henderson dan Phil Jones semuanya akan absen untuk pertandingan ini lantaran cedera. Jesse Lingard turut mencetak gol seusai turun dari bangku cadangan melawan Newcastle United, namun sulit baginya untuk jadi starter di sini.

Fred melewatkan duel akhir pekan kemarin akibat permasalahan dengan FA Brasil, namun tenaganya bisa kembali diandalkan saat di Swiss. Sementara itu rekor kandang Young Boys melawan klub-klub Inggris dengan kemenangan hanya sekali dan kalah tiga kali.

Young Boys hanya menang 2 kali dalam 5 laga yang sudah mereka mainkan di Swiss Super League musim ini. Rekor tandang Manchester United melawan klub-klub Swiss. Rekor keseluruhan Manchester United melawan klub-klub Swiss.

MU sendiri belum terkalahkan di English Premier League musim ini, menang 3 kali dalam 4 laga yang sudah mereka mainkan. Pada pertandingan kali ini, pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer akan mengemas formasi 4-2-3-1 dengan ujung tombak Cristiano Ronaldo. (int/sumber)

PERKIRAAN PEMAIN:
Young Boys (4-4-2): Ballmoos; Garcia, Zesiger, Camara, Hefti; Ngameleu, Aebischer, Sierro, Fassnacht; Elia, Siebatcheu. (Pelatih: David Wagner).

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Shaw, Maguire, Varane, Wan-Bissaka; Pogba, Fred; Sancho, Fernandes, Greenwood; Ronaldo. (Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer).

HEAD TO HEAD:
Pertemuan: 2
Young Boys menang: 0
Gol Young Boys: 0
Imbang: 0
Manchester United menang: 2
Gol Manchester United: 4.

5 PERTANDINGAN TERAKHIR YOUNG BOYS:
14-08-21 Littau 1-4 Young Boys (UCL)
19-08-21 Young Boys 3-2 Ferencvaros (SSL)
25-08-21 Ferencvaros 2-3 Young Boys (UCL)
29-08-21 Basel 1-1 Young Boys (SSL)
12-09-21 Young Boys 4-0 Zurich (SSL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR MU:
07-08-21 MU 4-0 Everton (Friendly)
14-08-21 MU 5-1 Leeds (EPL)
22-08-21 Southampton 1-1 MU (EPL)
29-08-21 Wolverhampton 0-1 MU (EPL)
11-09-21 MU 4-1 Newcastle (EPL).

STATISTIK:
YOUNG BOYS Menang: 25%
Imbang: 15%
Man United Menang: 60%
SKOR: 1-3 (1 1/4 : 0)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga