*Muhammad Alessandro Azcesare Ganis Siregar

Talenta Muda Sumut Ini Dipanggil Seleksi Tim Nas U-18

Sandro Dipanggil Seleksi Tim Nas U-18
Sandro Dipanggil Seleksi Tim Nas U-18

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Darah sepakbola begitu kental mengalir pada dirinya. Sepakbola seolah menjadi tradisi yang diwariskan.

Hal itu jugalah yang menghantarkan Muhammad Alessandro Azcesare Ganis Siregar menjadi seorang pesepakbola muda yang bersinar.

Bahkan dirinya menjadi salah satu talenta muda Sumut yang berkesempatan mengikuti seleksi Tim Nas U-18 untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 nanti.

Ya, buah hati pasangan Prof Dr dr Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG) SpOG(K)-FER dan dr Selly Azmeila M.Ked(Oph) SpM ini mengawali karirnya pada 2010 lalu.

Sandro panggilan akrabnya itu bersama abangnya Ernesto menjuarai kejuaraan tahunan antar Sekolah International tingkat elementary se Jabodetabek dan Gandhi International school cup 2010.

Karir Sandro yang sempat berlatih di SSB Sejati Pratama sampai akhirnya pindah ke SSB PS Keluarga USU sejak 2016 (klub binaan sang ayah) ini terus menanjak.

Beberapa turnamen dan kejuaraan resmi diikuti Sandro dan tampil sebagai juara. Puncaknya ketika Sandro yang dipercaya memegang ban kapten.

"Saat itu saya menjadi pemain terbaik piala Askot Medan U-15 2018 dan PS Keluarga USU tampil sebagai juara," kenang pria yang pernah menjadi atlet Tae Kwon Do itu.

Namun ketika tampil di tingkat Provinsi Sandro dkk hanya berhasil menduduki peringkat 3. Saat itu All Star Rahuning Asahan menjadi juara dan mewakili Sumut ke Piala Soeratin U-15 Blitar 2019.

Lewat bakatnya Sandro pun diikutsertakan bersama tim Star Rahuning Asahan. Alhasil, Sumut menjadi Juara Nasional Piala Soeratin U-15 saat itu setelah mengalahkan Persis Solo 2-1 di final.

Kemudian bersama anak-anak Asahan U-18 Sandro juga ikut piala berjenjang Menpora di Tangerang Banten 2019.

Sayang, rutinitas berlatih bermain bersama kawan kawan sebaya pesepakbola harus terhenti ketika awal 2020 wabah Pandemi Covid 19 melanda dunia.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan sepakbola dengan mengikuti protokol kesehatan mulai menggairah lagi, Sandro bergabung bersama teman temannya membentuk sebuah Klub yang akhirnya ikut kompetisi resmi Asprov PSSI liga 3 Saba Bangunan United yang mewakili Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kesempatan emas kembali hadir dalam karirnya. Sandro menjadi satu di antara 20 pemain mewakili Asprov PSSI Sumut untuk mengikuti seleksi yang diadakan PSSI Pusat untuk pembentukan Timnas U-19 persiapan Piala Dunia 2023 di Banda Aceh.

Pemain bertinggi badan 180 Cm ini bersama sahabat pesepakbola Sumut lainnya berkeringat habis habisan agar bisa mencuri perhatian Rully Nere dan Marcus Harrison 10-11 April 2021 lalu.

Usahanya berbuah hasil. Sandro dipanggil mengikuti TC Seleksi Tim Nas U-18 di Jakarta 12-18 September ini dalam rangka persiapan timnas Piala Dunia U-20 2023. Bersamaan dengan itu pula Sandro diterima menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran USU.

Baca juga : PSMS kalahkan PSPS Pekanbaru Dalam Laga Uji Coba

"Menjadi pemain Timnas untuk bela negara adalah sesuatu yang berat, sekolah untuk menjadi seorang dokter juga sesuatu yang berat, maka saya memilih menjalani kedua duanya karena sama sama sesuatu yang berat," ujar pria yang pernah berlatih di Boca Junior Soccer Academy Cibubur dan menetap ke Medan sejak 2013 lalu itu.

Jika Sandro berjuang untuk tembus memperkuat timnas, sang abang Muhammad Ernesto Azguevara Ganis Siregar (Penjaga Gawang Tim Sepakbola PON Sumut ke Papua) kini tengah bersiap mengharumkan nama Sumut pada perhelatan PON Papua 2020 mendatang.

Bravo buat perjuangan kakak beradik yang ingin mengharumkan Sumut pada kancah nasional. Semoga Sumut terus melahirkan pesepakbola handal. (*)

Profil Pemain:

Nama : Muhammad Alessandro Azcesare Ganis Siregar,
Tempat tanggal lahir : Jakarta 05 November 2003,
Tb/Bb : 180 Cm/ 71 Kg,
Asal Klub : PS Keluarga USU / Saba Bangunan United / Asprov PSSI Sumut.
Posisi : Gelandang Serang.
Ibu : Selly Azmeila M.Ked(Oph) SpM
Ayah : Prof Dr dr Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG) SpOG(K)-FER (Pernah menjadi penjaga gawang PSMS)

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga