LIVE SCTV MALAM INI PUKUL 22.30 WIB

Leeds United VS Liverpool: Wajib Ekstra Waspada…

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Leeds United akan menjamu Liverpool di Elland Road pada laga pekan keempat Liga Primer Inggris 2021/22, Minggu (12/9/2021) malam, pukul 22.30 WIB. Pada tiga laga sebelumnya, Leeds belum pernah merasakan kemenangan.

Skuad arahan Marcelo Bielsa hanya mampu meraih hasil imbang saat melawan Everton dan Burnley, setelah kalah 4-1 pada pekan pembuka, dari Manchester United. Sementata Liverpool, sejauh ini masih jadi pesaing di papan atas.

Marcelo Bielsa bisa kembali mengandalkan Mateusz Klich dan Junior Firpo, setelah keduanya sempat mendapatkan hasil positif virus corona pada jeda internasional. Namun, Leeds United tidak mengonfirmasi bagaimana status Raphinha -- yang sempat dideklarasikan Brasil untuk tidak bisa bermain karena menolak panggilan timnas.

Robin Koch harus beristirahat karena mengalami cedera, lalu ada nama baru dalam susunan tim, sebagaimana Daniel James sukses didatangkan dari Manchester United. Lini depan masih jadi urusan Patrick Bamford, yang didukung James di sisi sayap, juga Jack Harrison.

Leeds United menjadi tim yang sangat layak dinikmati setiap laganya, dengan sepakbola menyerang dan progresif ala Marcelo Bielsa. Musim lalu, mereka menyelesaikan musim di posisi sembilan, dengan status sebagai tim promosi.

Sementara itu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp berharap skuadnya kembali meraih hasil penuh pada pertandingan ini, setelah tim kehilangan poin penuh saat lawan Chelsea berakhir imbang 1-1. Apalagi kondisi Leeds belum begitu bagus musim ini, dengan belum ada tiga poin yang pernah didapatkan oleh The Whites.

Klopp juga mengaku sudah memahami taktik Marcelo Bielsa (pelatih Leeds United). Pun demikian, ujar Klopp, Leeds United tak bisa diremehka meski baru promosi ke Premier League musim lalu. Dan yang membuat mereka berbahaya adalah hadirnya sosok Marcelo Bielsa.

Ia adalah sosok pelatih berpengalaman dan punya racikan taktik yang istimewa. Kini setelah dua kali bersua, Jurgen Klopp mengaku ia sudah mengantongi taktik pelatih asal Argentina tersebut.

“Secara umum, gaya dan filosofi Marcelo Bielsa dan bagaimana mereka bertahan berbeda, [gayanya] itu adalah man-marking di seluruh lapangan. Jadi, Anda harus tahu tentang itu,” katanya kepada Liverpoolfc.com.

Jurgen Klopp mengatakan Liverpool kini juga wajib ekstra waspada karena Leeds United termotivasi untuk bisa meraih kemenangan perdananya di Premier League. Namun Klopp mengatakan ia sudah mempersiapkan taktik khusus untuk mengalahkan Patrcik Bamford dkk.

“Tetapi kami memiliki beberapa pemain sekarang waktu seminggu untuk mempersiapkannya dan beberapa hanya kembali berlatih hari ini [Kamis] tetapi memiliki pemulihan dan hal-hal seperti ini. Jadi mungkin besok [Jumat] dan semoga Sabtu kami memiliki dua sesi di mana kami mungkin bisa mempersiapkannya. Tapi itu istimewa," ujarnya.

Menurut Klopp, melawan Leeds, dengan intensitas tinggi, mereka bermain menyerang. Mereka bagus dalam penguasaan bola.

Catatan MEDANSPORT.ID

Sempat terancam kehilangan para pemain Brasil yang tak ikut jeda internasional, seperti Alisson Becker, Roberto Firmino, dan Fabinho, Liverpool mengumumkan bahwa Brasil akhirnya tak melarang para pemain mereka untuk tampil pada laga pekan ini.

Tentunya hal itu menjadi kabar baik untuk Jurgen Klopp, yang tak punya pesaing sebanding untuk Alisson di posisi penjaga gawang. Namun, Firmino akan tetap diistirahatkan karena masalah kebugaran yang dialami sejak pertandingan versus Chelsea.

Takumi Minamino dan James Milner dikonfirmasi belum dalam kondisi terbaik, sementara Harvey Elliot yang sempat dikabarkan cedera pada pekan internasional, disebut sudah dalam kondisi siap untuk laga ini, ditambah kehadiran Naby Keita yang selamat dari kudeta Guinea.

Sejauh ini Liverpool kerap punya masalah dalam mencetak gol ketika bertemu tim yang bermain dalam dan rapat. Tapi, Leeds bukan tim yang seperti itu, dan bagaimana gaya Leeds United bermain bisa membuat Liverpool mencetak banyak gol pada pertandingan ini. Hanya saja, ada potensi Liverpool juga dibobol Leeds.

Partai ini diharapkan bisa berjalan penuh intensitas selama 90 menit, dengan deretan gol terjadi. Liverpool masih diunggulkan bisa menyelesaikan laga dengan kemenangan, meski ada potensi bahwa Leeds membuat Liverpool pulang dengan sebiji poin saja, atau bahkan tangan hampa.

Bahkan, pertandingan di Elland Road bisa menjadi panggung istimewa buat pemain Liverpool, Mohamed Salah. Salah telah mencetak 99 gol dalam 161 penampilan di Premier League. Jika membobol gawang Leeds, maka dia akan menjadi pemain tercepat ke-5 yang mencetak 100 gol di Premier League setelah Alan Shearer (124 penampilan), Harry Kane (141), Sergio Aguero (147), dan Thierry Henry (160).

Sebagai rangkuman, Leeds tak terkalahkan dalam 7 laga kandang terakhirnya di Premier League. Liverpool menang 7 kali dalam 8 laga tandang terakhirnya di Premier League. Selalu tercipta minimal 3 gol dalam 4 laga tandang terakhir Liverpool di Premier League.

Liverpool selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 laga tandang terakhirnya di Premier League. Liverpool cuma kalah 1 kali dalam 9 laga tandang terakhirnya melawan Leeds di Premier League.
(int/sumber)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:
Leeds United (4-1-4-1): Meslier; Dallas, Cooper, Llorente, Ayling; Phillips; Harrison, Roberts, Klich, Raphinha; Bamford. (Pelatih: Marcelo Bielsa).

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Thiago, Fabinho, Henderson; Mane, Jota, Salah. (Pelatih: Jurgen Klopp).

HEAD TO HEAD
Pertemuan: 26
Leeds United menang: 6
Gol Leeds United: 27
Imbang: 5
Liverpool menang: 15
Gol Liverpool: 53.

5 PERTEMUAN TERAKHIR:
20-04-2021 Leeds 1-1 Liverpool (EPL)
12-09-2020 Liverpool 4-3 Leeds (EPL)
30-11-2016 Liverpool 2-0 Leeds (EFL Cup)
23-09-2009 Leeds 0-1 Liverpool (EFL Cup)
29-02-2004 Leeds 2-2 Liverpool (EPL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR LEEDS UNITED:
08-08-21 Villarreal 2-2 Leeds (Friendly)
14-08-21 MU 5-1 Leeds (EPL)
21-08-21 Leeds 2-2 Everton (EPL)
25-08-21 Leeds 3-0 Crewe (EFL Cup)
29-08-21 Burnley 1-1 Leeds (EPL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR LIVERPOOL:
08-08-21 Liverpool 1-1 Bilbao (Friendly)
10-08-21 Liverpool 3-1 Osasuna (Friendly)
14-08-21 Norwich 0-3 Liverpool (EPL)
21-08-21 Liverpool 2-0 Burnley (EPL)
28-08-21 Liverpool 1-1 Chelsea (EPL).

STATISTIK:
LEEDS Menang: 35%
Imbang: 25%
LIVERPOOL Menang: 40%
SKOR: 1-2 (3/4: 0)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga