Nasib Murtaza Si Bocah Pemakai Jersey Plastik Argentina

Argentina

MEDANSPORT.id - JAKARTA - Namanya Murtaza Ahmadi. Bocah Afghanistan ini sempat viral pada 2016 lalu. Ya, saat itu dia mengenakan jersey Argentina. Menariknya lagi, kostum Tim Tango Argentina itu bernomor 10 yang dipakai sang mega bintang, Lionel Messi terbuat dari plastik.

Nah, bagaimana kini nasibnya? Setelah berlalu 4 tahun silam, kini Murtaza telah berusia 10 tahun. "Saya terjebak di rumah dan saya tak bisa pergi keluar karena saya sangat takut ke Taliban," kata Murtaza ke agensi berita EFE.

"Saya ingin pergi ke tempat aman dari Afganistan. Tolong selamatkan saya dari situasi ini," kata bocah yang kini berusia 10 tahun itu menambahkan.

Kakak Murtaza, Mahdia Ahmadi, juga mengungkap ketakutan tetap berada di Afghanistan. "Apa yang akan terjadi pada kami? Kami sudah berada di bawah ancaman," kata Mahdia.

Murtaza dan keluarganya merupakan bagian dari kelompok minoritas di Afghanistan, Hazara Shia. Dia sudah merasakan dipersekusi oleh Taliban.

Serangan Taliban ke Ghazni pada 2018, memaksa Murtaza sekeluarga pindah ke Kabul dan tinggal bersama paman dan sepupunya.

Kehidupan Murtaza di Kabul tidak lebih baik ketimbang di Ghazni. Dia tidak memiliki teman dan tempat bermain, serta selalu dihantui teror akibat konflik di ibukota Afghanistan tersebut. (dts/sumber)