LIVE MALAM INI DI SCTV PUKUL 21.00 WIB

Man City VS Norwich: Saatnya Bangkit!!!

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Manchester City bakal ditantang tim promosi Norwich City pada pekan kedua Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (21/8/2021) pukul 21.00 WIB. Kini, saatnya tim si Biru Langit bangkit setelah terjungkal pada pekan pertama.

Tepatnya pekan kemarin, impian Manchester City dihempaskan Tottenham Hotspur 0-1. Dengan kekalahan ini, pasukan Josep Guardiola tidak mampu mencetak gol dalam tiga laga kompetitif terakhir.

Sebelumnya, Manchester City juga tidak mencetak gol di final Liga Champions dan tanpa gol pula dalam ajang Community Shield. Dengan demikian, ini kali pertama The Citizens mengalami tiga kekalahan secara beruntun dalam semua ajang tanpa mampu mengoyak gawang lawan.

Kali terakhir rapor buruk ini terjadi pada Maret 2007 silam saat di bawah kepelatihan Stuart Pearce. Ini memang baru pekan pertama, namun fakta tersebut tentulah menjadi PR yang cukup mengkhawatirkan bagi pelatih Josep Guardiola.

Apalagi jika dibandingkan pada pekan pertama tersebut, klub seperti Manchester United, Liverpool, dan Chelsea justru menang dengan sejumlah gol.

Meski demikian, sementara mereka terus memburu Harry Kane, kini saatnya Manchester City memberikan pesan bahwa mereka masih sebagai pesaing dan favorit meraih gelar Liga Inggris 2021-2022 ini. Pelatih Josep Guardiola akan menurunkan pemain barunya yang mereka beli dengan status transfer termahal di Liga Inggris: Jack Grealish.

Mantan pemain Aston Villa ini akan ditempatkan sebagai gelandang serang atau gelandang kreatif di belakang Gabriel Jesus yang akan bermain sebagai penyerang tunggal dalam pola 4-2-3-1.

Raheem Sterling akan kembali bermain di sayap kiri dan Ryad Mahrez di sayap kanan. Fernandinho dan Rodri akan bermain sebagai gelandang di depan pertahanan.

Jadi, laga yang akan digelar di Stadion Manchester City ini, di hadapan suporter mereka, akan menjadi kesempatan bagi Jack Greaiish. Dia harus memperlihatkan mengapa Josep Guardiola membawanya meski The Citizens harus mengeluarkan lebih dari 100 juta euro.

Musim lalu bersama Aston Villa, Jack Grealish memperlihatkan sebagai pemain yang mampu menciptakan peluang dan memberikan assist. Dari 26 laga Liga Inggris, Jack Grealish mencatatkan 12 assist untuk rekan setimnya. Pemain timnas Inggris berusia 25 tahun ini juga menorehkan enam gol.

Hanya memang, sepanjang musim lalu tersebut, Jack Grealish lebih banyak bermain di sayap kiri juga yang dikombinasikan dengan gerakan menusuk ke jantung pertahanan lawan.

Total 19 kali mengawali posisinya di sayap kiri dan hanya delapan pertandingan sebagai gelandang serang. Bersama Raheem Sterling dan Riyad Mahrez, ketiganya akan memberikan tekanan kepada barisan pertahanan Norwich City di laga nanti.

Ketiga bintang ini ditambah dengan Gabriel Jesus, cukup untuk memberikan ancman bagi gawang pasukan Daniel Farke. Pada pertandingan pertama, Norwich City pun mengawali musim ini dengan kekalahan. Bahkan lebih buruk karena mereka takluk dari Liverpool dengan kemasukan tiga gol tanpa balas di kandang sendiri.

Namun, pertahanan Manchester City harus mewaspadai sosok Teemu Pukki. Dia merupakan mesin gol Norwich City musim lalu di Chiampionship dengan mencetak 26 gol dan memberikan empat assist.

Bagi Norwich, pekan-pekan awal ini begitu berat. Setelah melawan Liverpool, dan kalah, sekarang mereka harus main tandang kontra Manchester City yang pastinya begitu berambisi untuk menang.

Man City masih jadi favorit untuk mempertahankan gelar Liga Primer Inggris. Meski seperti musim lalu, mereka dibayangi start lambat.

Catatan MEDANSPORT.ID

Kedua tim sama-sama menelan pil pahit di pekan pembuka. Manchester City takluk 0-1 di kandang Tottenham, sedangkan Norwich dipermak sang tamu Liverpool 0-3.

Perubahan kentara akan terjadi di lini defensif. Kyle Walker, John Stones, dan Oleksandr Zinchenko kemungkinan tampil sejak menit pertama. Kevin De Bruyne bakal jadi starter dan berperan sebagai “false nine”. Sementara Jack Grealish akan menopang di belakangnya bersama Riyad Mahrez dan Raheem Sterling.

Sam Byram absen karena cedera paha. Sementara trio Onel Hernandez, Jordan Hugill, dan Przemyslaw Placheta diragukan tampil imbas Covid-19 dan aturan isolasi diri.

Norwich tidak alami masalah baru sejak kekalahan dari Liverpool akhir pekan lalu. Jadi, tampaknya tidak ada perubahan untuk 11 pertama. Man City memenangi 3 laga kandang terakhirnya melawan Norwich di Premier League.

Man City mencetak total 14 gol dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 3 laga kandang terakhirnya melawan Norwich di Premier League.

Norwich selalu kalah dalam 11 laga terakhirnya di Premier League. Norwich gagal mencetak gol dalam 10 dari 11 laga terakhirnya di Premier League.

Dalam laga kandang terakhirnya melawan Norwich di Premier League, pada musim 2019/20, Man City menang telak 5-0. Gabriel Jesus, Raheem Sterling, dan Riyad Mahrez masing-masing mencetak satu gol, sedangkan Kyle Walker menyumbang satu assist. Kevin De Bruyne jadi bintang dengan dua gol dan satu assist-nya.

Pada pertandingan malam ini, Man City jauh diunggulkan melawan Norwich. Perkiraan, angka kemenangan Man City sekira 60 persen, imbang 15 persen dan hanya 25 persen yang menjagokan Norwich bisa mengambil poin dari lawannya. (int/sumber)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Zinchenko, Dias, Stones, Walker; Rodri, Fernandinho; Sterling, Grealish, Mahrez; Jesus. (Pelatih: Josep Guardiola).

Norwich City (4-3-3): Krul; Giannoulis, Gibson, Hanley, Aarons; Rupp, Gilmour, Lees-Melou; Rashica, Pukki, Cantwell. (Pelatih: Daniel Farke).

HEAD TO HEAD
Pertemuan: 18
Manchester City menang: 9
Gol Manchester City: 46
Imbang: 6
Norwich City menang: 3
Gol Norwich City: 21.

5 PERTEMUAN TERAKHIR:
26-07-2020 Man City 5-0 Norwich (EPL)
14-09-2019 Norwich 3-2 Man City (EPL)
12-03-2016 Norwich 0-0 Man City (EPL)
09-01-2016 Norwich 0-3 Man City (FA Cup)
31-10-2015 Man City 2-1 Norwich (EPL).

4 PERTANDINGAN TERAKHIR MAN CITY:
01-08-21 Man City 4-0 Barnsley (Friendly)
04-08-21 Man City 4-1 Blackpool (Friendly)
07-08-21 Leicester 1-0 Man City (Community Shield)
15-08-21 Tottenham 1-0 Man City (EPL).

4 PERTANDINGAN TERAKHIR NORWICH:
23-07-21 Norwich 2-0 Huddersfield (Friendly)
04-08-21 Norwich 5-0 Gillingham (Friendly)
07-08-21 Newcastle 3-0 Norwich (Friendly)
14-08-21 Norwich 0-3 Liverpool (EPL).

STATISTIK:
MAN CITY Menang: 60%
Imbang: 15%
NORWICH Menang: 25%
SKOR: 3-0 (0: 2 1/2)

Penulis:
Editor: Dollar Parinduri

Baca Juga