*PON Papua 2020

Perkuat Speed dan Power, Atlet Asahan Ini Bertekad Bawa Mendali Emas

MEDANSPORT.ID – MEDAN – Shafwan Hafizh Nasution (22) adalah mahasiswa Unversitas Negeri Medan (Unimed) yang luar biasa. Di tengah kesibukannya menimbah ilmu, anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Kholidi Nasution dan Hindun Hasibuan ini masih menyempatkan diri untuk memacu prestasi di bidang atletik.

Latihan yang dilakukannya membuahkan hasil. Namanya kini masuk mewakili Sumatera Utara untuk unjuk kebolehan di PON Papua dengan cabang olahraga lompat tinggi.

Di jumpai team Medansport.id, kemarin, pemuda penyuka sop kambing ini bertekad akan memberikan yang terbaik bagi Sumatera Utara.

“Mudah mudahan bisa bawa mendali emas bang. Itu tekad saya dan pelatih yang selama ini mensupport,” harapnya.

Tekad ini pun diperkuat dengan latihan. Katanya, latihan kini semakin di fokuskan pada speed, power dan juga tehnik.

“Saya latihan keras bang. Saya tambah juga latihannya jadi 12 sesi perminggu, pagi dan sore. Dan mempersiapkan mental sebaik mungkin. Soalnya kan event di selenggarakan sudah lebih 1 tahun dan try out juga gak ada bang. Ya harus kuat kuat mental ajalah. Kalau kata pelatih ku, siapa yang siap dia yang menang,” jelasnya.

Olah raga lompat tinggi ini, diakuinya digeluti saat sekolah di bangku menengah atas. Di SMAN 4 Asahan, gurunya melihat adanya bakat saya di lompat ini. Pada akhirnya mereka bergabung dengan club dan berlatih. Pada gelaran lomba tingkat Kabupaten, dia meraih juara 1 hingga melaju ke tingkat propinsi. Kelas 2 SMA, pemuda yang gemar memancing ini juga berhasil juara 3 O2sn tingkat nasional.

Tidak hanya itu saja, Hafiz juga meraih emas di kompetisi O2sn 2016 sumut (lompat tinggi), O2sn 2016, jakarta (lompat tinggi) Perunggu, Porprovsu 2019 (lompat tinggi ) Emas, Porprovsu 2019 (lompat jauh) Emas, Pomnas 2019 Jakarta (lompat jauh ) Perak, Pomnas Jakarta 2019 (lompat tinggi) Perak, Porwil Bengkulu ( lompat tinggi) Perak dan Porwil Bengkulu (lompat jauh) Perak. Kini dia juga lolos PON Papua 2021 nomor lompat jauh dan tinggi. (*)