Olah Raga Renang Kurangi Dampak Stres dan Berat Badan

MEDANSPORT.ID – MEDAN- Renang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat melatih otot tubuh dan kekuatan jantung. Selain itu, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Dimasa pandemi ini, renang dapat menjadi alternatif pilihan untuk mengurangi kebosanan dan stress.

Diambil dari halaman alodokter, dr. Sienny Agustin mengungkapkan, manfaat berenang bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Jenis olahraga ini memang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda peroleh dengan rutin berenang. Manfaat lainnya dapat mengurangi dampak stres dan berat badan.

Menurutnya, stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat Anda lebih rileks. Berbagai gerakan dalam olahraga renang menuntut hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal inilah yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh.

Tak hanya itu, berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

*Cara Mendapatkan Manfaat Berenang Dengan Maksimal


Berenang memang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Namun, untuk mencegah terjadinya cedera, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga renang, di antaranya:
Gunakan pakaian renang yang nyaman dan pas dengan tubuh. Pakailah kacamata renang, bila perlu, untuk mencegah rasa perih pada mata akibat kandungan klorin di dalam air kolam renang. Lakukan pemanasan sebelum memasuki kolam renang. Sediakan dan konsumsi air minum secara teratur di sela-sela waktu renang. Akhiri sesi berenang dengan pendinginan.
Bila Anda baru mulai belajar renang, jangan terlalu memaksakan diri dengan terlalu lama berenang. Tingkatkan intensitas renang secara perlahan dan lakukan secara rutin setidaknya 3–5 kali per minggu. (*)

Penulis: Reporter
Editor: Kesuma Ramadhan

Baca Juga