Peduli Olah Raga, Inalum Bantu Pembinaan Karate Di Sumut

MEDANSPORT.ID- MEDAN-- Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia olah raga, PT Inalum (Persero) turut andil dalam pembinaan olahraga Karate di Sumatera Utara.

Hal itu diaplikasikan lewat bantuan senilai Rp500 Juta yang disalurkan PT Inalum kepada Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Sumut untuk menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda), Seleksi Nasional dan Kejuaraan Piala Panglima di Sumut selama 2020 ini.

Pertama Kejurda Cadet Junior yang berlangsung 7-8 Maret 2020, di GOR Mini Futsal Disporasu Jl. Williem Iskandar Medan.

Kejurda ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Pengprov Forki Sumut DR H Rahmat Shah. Kejurda mempertandingkan 36 kelas dan diikuti sebanyak 464 karateka berasal dari Pengcab Forki  kabupaten/kota serta Pengprov Perguruan Karate anggota Forki se-Sumut.

“Hasil dari Kejurda ini akan dipersiapkan menghadapi kejuaraan nasional (Kejurnas) karate memperebutkan Piala Panglima, yang berlangsung bulan Juni 2020 di Jakarta,” kata Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Kejurda Forki Sumut AKP Janpiter Napitupulu SH, MH didampingi Sekretaris Ir Roy Nainggolan, di Medan.

Di samping itu Forki Sumut juga akan menggelar seleksi nasional cadet Junior U-21 yang akan digelar pada 14-15 Maret 2020.

Kemudian Forki Sumut juga akan menggelar Piala Panglima TNI yang akan digelar pada 19-20 Juni 2020.

Kejurda yang sedang digelar ini kata Janpiter Napitupulu, juga sebagai ajang pencarian bibit-bibit karate daerah ini untuk dipersiapkan menghadapi PON XXI 2024, yang mana Sumut-Aceh sebagai tuan rumah.

Sebelumnya, panitia juga telah menggelar penataran/refresing wasit/juri dan akreditasi pelatih yang dilaksanakan 4-5 Maret 2020, di Gedung Serbaguna Sat Brimob Polda Sumut, JL KH Wahid Hasyim Medan.

Kegiatan yang dipandu oleh nara sumber Dewan Wasit PB Forki Donald PL Kolopita SSN tersebut diikuti sebanyak 147 peserta, terdiri dari 83 peserta merupakan wasit/juri, 64 peserta akreditasi pelatih.

Janpiter Napitupulu mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet yang memiliki prestasi tinggi dan membanggakan serta mengharumkan nama bangsa dimata dunia melalui olahraga karate.

“Kejurda karate ini diharapkan bisa melahirkan karateka-karateka berprestasi tingkat nasional maupun internasional, seperti selama ini yang telah diperlihatkan para karateka senior sebelumnya,” jelasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Inalum Mahyaruddin Ende didampingi Manajer Humas Bambang Heru dan Kepala Kantor Penghubung Inalum Medan, Julian Feisal mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan atas prestasi olahraga Sumatera Utara khsusnya olahraga karate.

"Semoga bantuan ini bermanfaat untuk kemajuan dan kelahiran bibit-bibit baru di cabang olahraga karate. Tradisi medali emas yang biasa diraih dalam cabang karate kami harap dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan," kata Ende. (*)

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga