LIVE BEINSPORT SENIN DINI HARI PUKUL 02.45 WIB

Prediksi Serie A, Napoli VS Roma: Mampukan Srigala?

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Napoli masih tak terkalahkan atas Roma dalam 5 pertemuan terakhir. Total, Napoli merengkuh 3 kemenangan dan 2 laga lain berujung seri. Sementara itu, pada perjumpaan terakhir, yang terjadi pada paruh pertama musim 2022/2023, Napoli menang 0-1.

Di Stadio Diego Armando Maradona, Napoli bertemu AS Roma pada pekan ke-20 Serie A 2022/2023, Senin (30/1/2023) pukul 02.45 WIB. Sejauh ini Napoli masih tangguh di tampuk klasemen dengan koleksi 50 poin, unggul 12 poin atas Milan di posisi kedua. Namun, mental mereka diduga anjlok pasca-tumbang di tangan Cremonese di Coppa Italia.

Partenopei tersingkir dari ajang tersebut. Praktis, salah satu peluang juara bagi mereka saat ini ada di ajang liga domestik alias Serie A. Toh, tren Napoli di liga terbilang cukup bagus saat ini. Namun, penantang mereka pekan ini adalah Roma. Tim ibukota Italia itu diprediksi bakal mengusik kedigdayaan Napoli. Dalam 4 pertandingan sepanjang Januari 2023, Roma merengkuh 3 kemenangan dan sekali seri.

Posisi mereka pun menanjak. Serigala Ibukota kini menempati peringkat 5 dengan 37 poin, hanya selisih 1 poin dari Milan di posisi runner-up. Artinya, pasukan arahan Jose Mourinho itu punya kans besar untuk memanaskan persaingan papan atas. Hanya saja, Roma kini kehilangan Nicolo Zaniolo yang sudah berada di pintu keluar Olimpico. Kendati belum mendapatkan tim baru, pemain timnas Italia itu sudah tak lagi bertanding sejak pertengahan Januari 2023.

Napoli bakal tampil percaya diri setelah winger andalannya, Khvicha Kvaratskhelia, kembali usai absen selama dua pekan. Pemain asal Georgia itu menjadi sosok vital di lini serang Napoli musim ini. Di Serie A, dia telah berkontribusi atas 14 gol, masing-masing 7 gol dan 7 assist. Bahkan, tanpa Kvaratskhelia pun Napoli masih tampil tangguh dengan menyapu bersih 2 laga terakhir dengan kemenangan.

Napoli juga masih punya striker andalan, yang saat ini memimpin capocannoniere 'top skor' Serie A, Victor Osimhen. Striker timnas Nigeria itu telah mencatatkan 13 gol bagi Napoli pada musim ini. Terakhir kali Osimhen dan Kvaratskhelia ditandemkan di laga kontra Juventus. Mereka menjadi sosok protagonis dalam kemenangan fenomenal 5-1 saat itu, dengan masing-masing berkontribusi atas 3 gol.

Osimhen mencetak 2 gol dan 1 assist sedangkan Kvaratskhelia mencatatkan 1 gol dan 2 assist. Hingga memasuki giornata 20, Napoli menjadi tim tersubur sekaligus tim paling jarang kebobolan. Napoli mencetak 58 gol dan baru 14 kali kebobolan. Sementara itu, Roma mencetak 25 gol dan 16 kali kebobolan. Pertarungan di Stadion Diego Armando Maradona ini akan menjadi pertaruhan bagi pelatih Roma Jose Mourinho.

Dia meningkatkan performa timnya, terutama semenjak pergantian tahun. Sepanjang 2023, Roma membungkus 3 kemenangan beruntun dan satu hasil seri. Kendala yang dialami setelah kehilangan Nicolo Zaniolo juga perlahan teratasi. Di sisi lain, Paulo Dybala menjadi harapan baru bagi Giallorossi dengan mencatatkan 3 gol dan 2 assist dalam 3 pertandingan beruntun.

Ia seolah berhasil menjawab persoalan Roma sejauh ini, yang tercatat telah menyia-nyiakan 40 peluang di Serie A 2023, tertinggi dibanding tim lain. Namun, Roma layak waspada. Lawan yang mereka hadapi kini berstatus sebagai capolista 'pimpinan klasemen'. Catatan lain, Napoli tak pernah kalah di depan tifosi 'pendukung' mereka alias selama menjalani partai kandang.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga