Diperkirakan 1.500 Pelari Ramaikan Trail of The Kings 2024 Danau Toba

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Diperkirakan sebanyak 1500 pelari akan berpartisipasi dalam kejuaraan dunia lari trail bertajuk 'Trail of The Kings 2024’. Rangkaian kegiatan itu akan berlangsung di Water Front City Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, 3-5 Mei 2024 mendatang.

Kejuaraan lari trail yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) ini memiliki kategori perlombaan berdasarkan jarak rute. Fun Run dihelat sejauh 5 kilometer dan 10 kilometer, Trail Run 27 kilometer, hingga Ultra Trail Run 50 kilometer.

BPODT sebagai penyelenggara menjanjikan lintasan lari yang menantang namun tetap menawan dengan keindahan alam dan panorama Danau Toba. Para pelari juga akan disuguhkan dengan gelaran budaya serta cerita-cerita menarik tentang Danau Toba dan masyarakatnya.

"Selain Indonesia, para pelari asal Malaysia, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Mesir dan Belanda sudah mendaftar diri ke panitia penyelenggara atas keikutsertaan dalam event sport tourism tersebut," kata Kepala Divisi (Kadiv) Pemasaran Mancanegara BPODT, Elfridence Pardede, kemarin.

Dijelaskan, Trail of The Kings Zero Edition menjadi perlombaan lari trail yang menjadi sport tourism. Di samping itu, bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan lebih luas kawasan wisata Danau Toba ke penjuru nusantara dan mancanegara.

Trail of The Kings ini dipastikan memberikan kontribusi dan mendorong perekonomian di kawasan Danau Toba. Para pelari disebut sudah memesan penginapan selama lima hari.

"Mereka (para pelari) sudah booking hotel dan homestay. Kegiatan ini, tidak satu hari. Minimal tiga hari, cek jalur, jalan-jalan dulu. Dari Malaysia sudah booking hotel dari tanggal 1-5 Mei 2024," jelas Elfridence.

Kegiatan ini bukan sebagai ajang promosi Danau Toba saja. Namun, ajang ini diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi bagi pelaku usaha dan jasa pariwisata di danau terbesar Asia Tenggara ini. (okz/nt)

Penulis:

Baca Juga