Pebalap Debutan Rusty Wyatt Raih Juara F1 Powerboat Danau Toba 2024

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Pembalap dari Tim Sharjah, Rusty Wyatt berhasil menjadi juara dalam kejuaraan internasional balapan perahu super cepat (F1 Powerboat) Grand Prix Indonesia 2024 di Danau Toba, Minggu (3/3/2024).

Wyatt keluar sebagai juara setelah menyalip pembalap Erik Stark dari Tim Victory hanya beberapa meter dari garis finish. Wyatt yang memulai balapan dari posisi ketiga, tampil konsisten dan terus membayangi Jonas Andersson dari Tim Binh Dinh Vietnam dan Erik Stark.

Balapan perahu cepat itu diwarnai aksi saling salip sejak putaran (lap) pertama antara Andersson dan Stark yang berada pada posisi pertama dan kedua. Keduanya saling beradu kencang pada tikungan tajam dengan lintasan sepanjang 2,218 kilometer di pelabuhan tersebut.

Andersson yang merupakan juara dunia F1 Powerboat musim lalu, tampak tidak mau mengalah disalip oleh Stark. Andersson yang mengendarai perahu motor super cepat berwarna merah dengan nomor perahu 1 itu, kembali menyalip Stark di lintasan lurus.

Namun, pada dua lap terakhir, kedua pembalap itu tidak dibiarkan melaju begitu saja oleh Wyatt. Wyatt yang baru memulai balapan Powerboat pada 2024, menguntit kedua pembalap tersebut dengan ketat. Akhirnya, Wyatt berhasil mendahului keduanya dan tampil sebagai pemenang dalam seri pembuka F1 Powerboat yang diselenggarakan selama 45 menit.

Wyatt lebih cepat 0,973 detik di depan Stark dan 1 menit 0,67 detik dari Andersson, serta berhasil menyelesaikan 30 lap. Khusus bagi Stark, seri Danau Toba tahun ini dia kembali naik ke podium. Bahkan, pembalap Victory Team itu meningkatkan pencapaiannya dengan merebut posisi kedua dari tahun sebelumnya di posisi ketiga.

Rusty Wyatt mengatakan cukup beruntung karena mendapatkan momentum untuk memenangi seri F1 Powerboat Danau Toba 2024. Wyatt mengatakan balapan tersebut cukup panjang dan sangat menantang sehingga semua pembalap memacu jet airnya dengan sangat kencang di lintasan lurus guna memenangi perlombaan.

"Walau pun saya awalnya tertinggal, tetapi akhirnya saya mendapat momentum dan beruntung untuk mendapatkan posisi yang lebih baik pada waktu yang tepat," ujar Wyatt dalam konferensi pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024.

Dia mengaku sangat senang memenangi balapan di seri ini. Ditambah lagi, perlombaan itu merupakan pengalaman pertama baginya, sehingga sangat berkesan. Pemenang kedua seri tersebut Erik Stark dari Victory Team mengatakan perlombaan itu sangat menarik untuk diikuti sehingga semakin membuat dirinya tertantang guna memacu perahu motor super cepat yang dikendarainya.

"Tadi perlombaan atau pertunjukan yang sangat hebat dan sulit, tetapi akhirnya saya bisa menempati posisi kedua," ujar dia. Sementara, juara dunia F1 Powerboat musim lalu Jonas Andersson (Team Binh Dinh - Viet Nam) mengatakan tidak cukup beruntung untuk memenangi balapan dan harus puas di posisi ketiga.

"Sayang sekali kami berada di posisi ketiga karena kami mengalami rusak mesin dan selamat untuk Rusty yang menang pertama," ucapnya.

Balapan Pertamina F1 Powerboat Grand Prix Indonesia 2024 diikuti sebanyak 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 negara. Setelah seri F1 Powerboat di Danau Toba ini, kompetisi F1 Powerboat berikutnya akan dilanjutkan dengan seri di Vietnam. (ins/nt)

Penulis:

Baca Juga