Liga Edukasi U-14 Hadir di Medan, Sajikan Atmosfer Liga Sepakbola Profesional 

Liga Edukasi U-14 Hadir di Medan, Sajikan Atmosfer Liga Sepakbola Profesional. (FOTO : UMEK)

MEDANSPORT.ID- Siswa akademi sepakbola atau pesepakbola kelompok umur khususnya U-14 (di bawah 14 tahun) di Kota Medan dan sekitarnya berkesempatan merasakan atmosfer liga sepakbola profesional.

Mulai Minggu (18/02/2024) ini, Liga Edukasi U-14 tahun 2024 akan digelar di Lapangan Sepakbola Patumbak yang diikuti sebanyak 10 tim dari berbagai sekolah atau akademi sepakbola di Kota Medan dan sekitarnya.

Sebagai bukti keseriusan penyelenggaraan yakni kolaborasi antara Akademi Sepakbola Utamasia, Local Football sebagai operator liga dan SSB Andespa sebagai penyedia venue, gala dinner dan opening ceremony, sudah digelar Jumat (16/02/2024) sore di Kopi Toast Cafe, Jalan Dr Mansyur.

Operator Liga Edukasi dari Local Football Gusti Lubis kepada wartawan, Jumat (16/02/2024) menjelaskan alasan penyelenggaraan Liga Edukasi U-14 tahun 2025.

"Bang Doni (Owner Akademi Sepakbola Utamasia Donny F Siregar) dengan idenya, saya sebagai operatornya, kami tuh punya visi yang sama bahwa kompetisi usia dini ini harus fun dan bisa dikelola secara bisnis," ujarnya.

Gusti mengatakan, liga tersebut merupakan kelanjutan dari Liga Utamasia U-8, U-10, U-12.

"Ini namanya harusnya Liga Utamasia U-14 cuma karena yang menggarap atau operatornya Local Football, jadi kayak kolaborasi, kami menyepakati namanya Liga Edukasi. Karena Utamasia di musim U-12 sudah selesai, harusnya naik kelas liganya, jadi inilah kelanjutannya, " kata Gusti menjelaskan.

Pada Liga Edukasi ini kata Gusti, anak-anak pesepakbola U-14 ini akan merasakan atmosfer sepakbola profesional.

Selain dengan mengemas para pemain seperti pemain liga, Gusti Lubis juga menekankan agar pesepakbola kelompok umur memahami cara bermain sepakbola, bukan hanya bagaimana untuk menang pertandingan.

"Kompetisi ini bukan sekadar mencari juara, tapi seperti filosofi FIFA Grassroot yang kami pahami di usia 14 ini tentang how to play, anak-anak bagaimana cara bermain dan mencetak gol bukan how to win," ucap Gusti Lubis.

Layaknya liga sepakbola profesional, pihak operator juga akan menggelar kompetisi sejenis cup atau copa yang diikuti 10 tim Liga Edukasi dan beberapa tim dari SSB lain di luar peserta.

"Yang jelas kami dari operator akan mengolah sisi marketingnya, bisnisnya, akan membuat sisi entertain-nya. Gambarannya, nanti seandainya dapat sponsor masing-masing tim akan dapat hak siar. Dana ponsor yang masuk akan kita optimalkan sharing rate. Kita ingin mengajari SSB ini bahwasanya sepakbola ini bisnis, industri," ungkapnya.

Pelatih SSB Andespa yang juga sebagai tuan rumah Liga Edukasi, Budi Haryanto, mengaku pihaknya merasa sangat terhormat sekali lantaran ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Kami akan mempersiapkan lapangan yang betul-betul optimal untuk memajukan kegiatan Liga Edukasi ini," ujarnya.

Pelatih Akademi Sepakbola Utamasia, Jerry Rosi, mengaku bangga Utamasia diajak berkolaborasi dengan Local Football menggelar Liga Edukasi.

"Kami bangga atas liga yang kami laksanakan bersama dengan bang Gusti, Local Football. Semoga ini menjadi wadah pemain-pemain muda untuk jenjang ke depannya," ucap Jerry yang timnya juga merupakan salah satu peserta Liga Edukasi. (*)

Berikut 10 Tim Peserta Liga Edukasi U-14 2024

1. SSB Andespa

2. SSP SSP Purwo Junior

3. SSB Bintang Kejora

4. SSB Bintang Johor

5. SSB Dispora Sumut

6. SSB Sejati Pratama Medan

7. SSB Tasbi Medan

8. Akademi Utamasia Medan

9. Bansar FC

10. Akademi Agas Jaya.

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga