Pertina Sumut Optimis Sumbangkan Medali di PON 2024

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumut tetap komit untuk menyumbangkan prestasi terbaik bagi kontingen PON Sumut dengan memenuhi target 10 medali emas.

Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu, mengungkapkan hal tersebut seusai acara Bincang Santai tentang olahraga di Pusdiklat Pertina Sumut, Martubung, Jumat kemarin.

“Dengan dukungan yang minimal, kita tetap optimis dan tetap mencoba memberi hasil yang maksimal di PON 2024 nanti,” ujar Sabam P Manalu.

Pertina Sumut disebutkan tetap komit dengan upaya memenuhi targetnya untuk meraih 10 medali. Target itu, tak hanya untuk mengharumkan nama Sumut, tetapi sebagai upaya untuk memperbaiki masa depan atlet dengan prestasi yang didapat.
“Sebab itu orientasi Pertina adalah prestasi, untuk mengharumkan nama Sumut dan merubah kehidupan dan masa depan atlet,” kata Sabam Manalu.

Sabam yang juga calon anggota DPR RI Sumatera Utara ini, mengungkapkan mengenai apa yang telah dilakukan Pertina Sumut selama ini dalam upaya mencapai target PON. Tak hanya membangun Pusdiklat Tinju di Martubung, juga telah 3 tahun menggelar TC untuk mempersiapkan atlet tinju Sumut menghadapi PON.

Dalam waktu dekat, kemampuan atlet tinju Sumut juga akan diuji dalam kejuaraan tinju Negara Serumpun di Medan pada bulan Mei 2024. “Kejuaraan internasional Negara Serumpun dijadwalkan bulan Mei dan akan diikuti Malaysia, Singapura, Brunei dan negara serumpun lainnya. Kita akan menguji kemampuan atlet Pelatda Sumut dalam event ini,” ungkap Sabam.

Jika Pemprovsu memberi dukungan dana, Pertina Sumut juga memprogramkan try-out dan mendatangkan pelatih luar negeri.

Bincang Santai dengan tema Meningkatkan Potensi Olahraga Sumut dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024, membahas mengenai pentingnya untuk meningkatkan kemampuan fisik atlet, dengan pembicara utama, Koordinator SC (strength condition) KONI Sumut, Dr Basyarudin Daulay, dan Sabam P Manalu, peraih medali perak Asian Games, Saroha Tua Lumbantobing dan Ketua PPFI Sumut Don Juan Tambunan.

Sabam menjelaskan digelarnya Bincang Santai ini untuk mensosialisasikan dan menggaungkan PON Aceh-Sumut, sembari mencari masukan untuk bagi pembinaan atlet.

“Kita gelar Bincang Santai untuk mensosialisasikan PON, sebab selama ini menurut perhatian kita yang tau PON hanya KONI dan Cabor, masyarakat belum begitu tahu mengenai akan digelarnya PON,” sebut Sabam. (str/nt)

Penulis:

Baca Juga