Bobby Nasution Tutup Secara Resmi Internasional Chess Championship : Tahun Depan Kita Buat Lebih Meriah

Walikota Medan, Bobby Nasution menyerahkan piala kepada pemenang open kejuaraan catur bertajuk inernational chess championship yang digagas RKBN. (Foto : Umek)

MEDANSPORT.ID- MEDAN- Kejuaran catur internasional bertajuk International Chess Championship digagas oleh Rumah Kolaborasi Bobby Nasution yang berlangsung sejak 5 Desember 2023 di Hotel Gran Inna Medan resmi ditutup oleh Walikota Medan sekaligus penggagas kejuaraan Bobby Nasution pada Minggu (10/12/2023) sore.

Menantu presiden Joko Widodo ini berkomitmen tahun depan akan digelar kejuaraan yang sama dengan hadiah dan peserta yang lebih meriah.

"Kegiatan ini pembelajaran bagi kami karena pertama yang dilakukan di Medan. Karena itu, kami memohon jika ada kekurangan pelaksanaan turnamen untuk diberi masukan. Kami berjanji untuk tahun depan akan dilanjutkan kegiatan ini lebih baik lagi. Dengan hadiah yang lebih besar. Sampai jumpa di tahun depan," ucap Bobby.

Bobby menilai kejuaraan ini bisa membangkitkan kembali prestasi cabor catur di Medan khususnya, maupun nasional umumnya.

Terutama sebagai persiapan menuju PON 2024, sehingga akan lahir kembali pecatur andal yang bisa meraih prestasi di even internasional.

"Kita akan mengikuti gelaran PON 2024. Saya minta para atlet dan wasit mari sama-sama kita perdalam, gali potensi melalui turnamen atau event di kota Medan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang pertandingan dan perwasitan PB Percasi, Agus Subandrio mengatakan kejuaraan ini sangat baik bagi para pecatur, khususnya mereka yang sedang persiapan menuju PON 2024.

“Kami juga mendegar masukan dari teman teman daerah, mudah-mudahan 2024 dilaksanakan RKBN yang kedua. Kegiatan ini tidak hanya ciptakan atlet bertaraf internasional, namun wasit berlevel internasional," ujar Agus.

Sementara Ketua panitia, Arif Rahman Saragih menjelaskan, ada 6 kategori dalam kejuaraan tersebut dengan total hadiah Rp240 juta.

Secara umum, kejuaraan yang berlangsung selama enam hari tersebut mendapat apresiasi dari seluruh peserta.

“Harapan saya ke depannya, ini bisa dilaksanakan lagi tahun depan. Terima kasih kepada rekan–rekan RKBN,” ujar Arif.

Pada kejuaraan itu, Pecatur Vietnam, Grandmaster (GM) Nguyen Duc Hoa sukses merebut gelar juara open.

Selain kategori open, untuk kategori Blitz juara direbut Dhiaulhaq Zacky (Indonesia). Kemudian kategori Challenger, Hamdan Yelpi (Indonesia), best veteran, Internasional Master (IM) Young Angelo (Filipina), Best Junior U-13 Saerang Veyron (Indonesia), dan best women Rahayu Wita (Indonesia). (*)

Penulis: Kesuma Ramadhan

Baca Juga