“Selamat Jalan Bapak Sahabat Semua Suku”

MEDANSPORT.ID - MEDAN - "Innalillahi wainnailaihi rojiun". Pesan itu meramaikan medis sosial. Tak terkecuali yang diterima PT Media Andalan Mawaddah Group yang menaungi rubis.id dan medansport.id. Ya, dalam kalimat tertulis bahwa Dato' Sri H Syamsul Arifin, SE telah dipanggil Illahi Robbi pada Selasa (17/10/2023) siang di RSUP AD Jakarta.

Almarhum H Syamsul Arifin yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sumut itu dikenal dekat dengan masyarakat. Dan itu tak terkecuali owner Mawaddah Group, Erri Manto Damanik, SE. Bahkan dalam captionnya, Erri Manto menuliskan "Selamat Jalan Bapak Sahabat Semua Suku".

Hal itu bukanlah terlalu berlebihan. Pasalnya, saat almarhum H Syamsul Arifin mencalonkan diri di Pilgub 2008 lalu, telah menggaungkan bahwa semua suku yang ada Sumut adalah sahabatnya. Dan yang terpenting, kata almarhum (saat itu), bahwa Rakyat Jangan Lapar, Rakyat Jangan Sakit, dan Rakyat Jangan Bodoh.

"Ya, terakhir kali saya bertemu dengan almarhum itu kalau tidak salah belum lama ini. Ketika itu ada peresmian salah satu fakultas kedokteran di Medan. Saya menghampiri beliau dan menyapanya. Bahkan beliau sempat bertanya, "sehatnya kelen?" ujar Erri Manto Damanik mengenang sosok almarhum yang dikenal dekat dengan kalangan media.

Tak jarang, lanjut Erri Manto Damanik, almarhum selalu mendapatkan tempat di semua khayalak. Kekhasan tersebut sepertinya telah terpatri di masyarakat Sumut dan terkhusus di warga Langkat.

"Nah, yang selalu saya ingat lagi, saat saya masih jurnalis, almarhum kerap bilang "berapa orang kelen". Logat melayunya itu sangat kental sambil berseloroh," sebut laki jangkung ini lagi.

Kini, sepulangnya H Syamsul Arifin ke Kharibaan Illahi, mungkin sulit untuk menemukan figur yang dikenal sebagai Sahabat Semua Suku di Sumut ini. H Syamsul Arifin menghembuskan nafas terakhir di RSUPAD Jakarta, pun belum diketahui secara pasti penyakit yang diderita sehingga harus dirawat di sana.

"Pastinya, saya selaku insan pers, sangat kehilangan beliau. Keramahtamahan, gaya seloroh, logat melayu yang kental, dan tak memandang siapa dan apa bagi orang yang mau menemuinya. Kerap memberi, bersedekah dan banyak lagi lah yang harus kita tiru dari almarhum. Kami keluarga besar Mawaddah Group mendoakan agar ayahanda H Syamsul Arifin ditempatkan di sisi Allah SWT dan bagi keluarga yang ditinggal tetap tabah menghadapi cobaan dari Illahi Robbi," tukasnya. (red)

Penulis:

Baca Juga