Ketum KONI Medan Harap Pers Sukseskan PON 2024

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Ketua Umum KONI Kota Medan Drs Eddy H Sibarani MSi berharap pers di Sumatera Utara untuk lebih mengambil peran lagi, karena memang menjadi bagian penting dalam menyukseskan PON Aceh-Sumut Tahun 2024 yang berlangsung di Aceh - Sumut.

Hal itu disampaikan Eddy Sibarani saat membuka Pelatihan Manajemen Informasi Keolahragaan KONI Medan 2023 di Grand Kanaya Hotel Medan, Rabu (20/9/2023).

"Tidak bisa kita pungkiri dengan Sumut menjadi tuan rumah PON XII akan berdampak pada pemberitaan melalui pers atau wartawan. Untuk itu rekan-rekan harus mengambil peran agar kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan sukses," tutur Eddy.

Pemberitaan dimaksud bukan hanya apa yang sudah dilakukan, tapi juga masukan tentang apa yang harus dilakukan. "Intinya harus berimbang dan bisa mendorong atlet untuk berprestasi," tegasnya.

Sementara kegiatan Pelatihan Manajemen Informasi Keolahragaan ini menurut Eddy, muncul atas ide rekan-rekan pers. Di beberapa kali pertemuan sebelumnya, banyak narasumber yang sudah hadir. Tak hanya daerah, tapi juga tingkat nasional.

"Seperti Atal Depari yang kini jadi ketua PWI Pusat. Juga ada beberapa pembicara nasional lainnya yang bisa meningkatkan wawasan para peserta pelatihan ini," terang Eddy.

Dia berharap kegiatan tahun berdampak positif pada pemberitaan PON 2024 mendatang. "Ini salah satu kontribusi kita untuk menyukseskan PON 2024," ujarnya. Tahun ini ada beberapa pembicara, salah satunya Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis.

Eddy mengaku bangga Ketum KONI Sumut bisa hadir kali ini. Dengan begitu, para wartawan atau peserta kegiatan ini bisa menggali informasi langsung mengenai persiapan atlet PON.

Sementara John Lubis berharap keterlibatan kabupaten kota dalam persiapan atlet PON. Caranya dengan menyisihkan anggaran uang pembinaan bagi atlet daerahnya masing-masing yang akan berlaga di PON. Karena itu ia ingin peran pers untuk mendorong kabupaten kota. "Agar lebih berperan dalam meningkatkan prestasi Sumut di PON mendatang," ucapnya.

Selain John Ismadi Lubis, Pelatihan Manajemen Informasi Keolahragaan KONI Medan 2023 juga menghadirkan pembicara Ketum Forki Medan Hasrul Benny Harahap SH MHum dan Ketum FOKSI Sumut Dicky Hendrawan SPd M Pd.

Ketua Panpel Ir Halomoan Samosir dalam laporannya mengatakan pelatihan diikuti 40 peserta wartawan olahraga. "Pelatihan merupakan kegiatan rutin KONI Medan dan untuk tahun ini masih dalam bagian mensukseskan PON XXI yang berlangsung di Aceh dan Sumut," ujarnya. (*)

Penulis: Bayu

Baca Juga