Atlet Selam Sumut Genjot Latihan Fisik Menuju PON 2024

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Atlet Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sumatera Utara terus melakukan persiapan fisik menuju perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh – Sumut.

“Saat ini kita tengah mempersiapkan fisik para atlet lantaran tempat latihan yang biasa kita pakai sedang tahap renovasi,” kata Ketua Umum POSSI Sumut Doni Seta melalui Sekretaris Umum Junaidi di Posko PON XXI/2024 kantor Dispora Sumut, kemarin.

Didampingi Wasping Rudi Rinaldi, Kabid POSSI Sumit Hadi Suyanto, Junaidi mengatakan para atlet yang akan diterjunkan pada PON nanti mengikuti dua nomor lomba. Yakni Kolam dan Laut. Namun untuk memaksimalkan dua nomor lomba itu, kata dia, para atlet mengalami kendala karena Kolam Renang Selayang yang biasa dijadikan sebagai sarana latihan masih dalam tahap renovasi.

“Di Sumut, kolam renang yang memenuhi standar adalah Kolam Renang Selayang dan Kolam Renang Unimed, selain laut Belawan,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa kolam renang di Kota Medan namun semuanya tak memenuhi kreteria untuk dijadikan tempat berlatihnya para atlet selam. Sebab kedalaman yang dibutuhkan untuk atlet selam lebih kurang 5 meter.

“Hanya Kolam Selayang dan Unimed yang bisa digunakan sebagai tempat latihan lantaran kedalamannya mencapai 7 meter,” urainya.

Untuk atlet yang berlaga pada PON 2024, kata Junaidi, POSSI Sumut akan menurunkan 11 atlet di antaranya 6 putri dan 5 putra “Peluang kita untuk mendapatkan medali dari atlet putri,” bebernya.

Ke-11 atlet yang akan turun nanti, sebut Junaidi, berasal dari Medan (5 atlet), Asahan (2 atlet), Pematangsiantar (2 atlet), Binjai (1 atlet) dan Padangsidempuan 1 atlet.

“Satu atlet bernama Airlangga saat ini sedang menjalai pelatihan mandiri di Jakarta,” terang Junaidi. Untuk nomor putra pada PON nanti, kata dia, akan memperebutkan 12 medali emas dan nomor putri memperebutkan 13 medali emas.

“Target kita tiga emas untuk cabor Selam,” katanya seraya menambahkan jumlah atlet selam dari seluruh Indonesia yang berlaga pada PON 2024 sebanyak 140 orang. Diketahui perlombaan Selam di PON nanti rencananya akan dilangsungkan di perairan Pulau Iboh dan Gapang. (ril/mds)

Penulis:

Baca Juga