Harapan Syifa Ingin Jadi Atlet Pencak Silat Nasional

MEDANSPORT.ID - MEDAN - Semenjak pamor pencak silat naik karena pengakuan UNESCO terkait Warisan Budaya Tak Benda pada tahun 2019, tradisi bela diri sekaligus salah satu olahraga ini kian menjadi perhatian sebagian masyarakat Indonesia. Di Medan sendiri, banyak atlet pencak silat yang sudah sukses dan mendapatkan berbagai penghargaan di berbagai kompetisi. Salah satunya, pesilat bernama lengkap Asyifa Naysila Afif

Atlet yang akrab disapa Syifa ini merupakan atlet pencak silat Medan kelahiran 30 Oktober 2009 yang sudah menggeluti dunia pencak silat sejak tahun 2021. Pada Kejuaraan Pencak Silat Piala Walikota Medan 2023 berhasil mendulang medali perunggu.

“Saya tertarik mengikuti kegiatan pencak silat, pertamanya ingin melindungi diri, kedua ingin sehat dan lama kelamaan menjadi hobi. Apalagi berhasil menorehkan prestasi serasanya ingin mengulangi prestasi dan prestasi lagi serta ingin menjadi atlet nasional," ujar pelajar SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan ini, Rabu (21/6/2023)

Cewek yang berdomisili Jalan Rawa Cangkuk lll Medan ini menuturkan Pencak silat tidak hanya suatu ilmu bela diri semata, akan tetapi memiliki aspek-aspek lain. Pencak Silat memiliki 4 aspek/unsur yang terkandung di dalamnya, yaitu: beladiri, seni, olahraga, dan spiritual. Pencak Silat adalah sebuah sistem pertahanan diri, maka aspek utamanya adalah beladiri. Unsur beladiri memperkuat manusia untuk membela diri dari berbagai ancaman dan bahaya dengan teknik dan taktik yang efektif.

“Saya mengenal pencak silat sejak 2021. Awalnya coba-coba tapi setelah tau pencak silat menjadi sarana dalam menjaga kebugaran jasmani, di mana fisik seorang pesilat sangat mempengaruhi ilmu beladiri yang dimilikinya. Selain untuk mengembangkan kebugaran jasmani, juga untuk mengembangkan ketangkasan dan prestasi olahraga. Hal tersebut, membuat ingin lebih mempelajari ilmu beladiri pencak silat lebih dalam lagi karena bisa meraih prestasi dengan mengikuti event event kejuaraan yang di adakan," ungkap pesilat dari perguruan Seni Pembela Diri Kencana Kwitang (SPDKK) ini.

Anak dari pasangan Fadli Afif dan Sinta Kumala ini menambahkan target kedepan sebagai atlet kota Medan terutama mau lanjut ke event tingkat nasional untuk membanggakan kedua orang tua dan pelatih. Insyaallah dapat menjadi bagian kontingen Sumut pada kejuaraan pencak silat berlevel nasional.

“Keinginan saya untuk menjadi atlet nasional memang tertanam dalam hati. Insyaallah saya akan terus berjuang sampai target nasional dan menjadi atlet nasional untuk membawa nama harum kota Medan sebagai kota atlet," pungkas atlet berhijab ini. (*)

Penulis: Bayu

Baca Juga